NAVIGATION

Mahabalipuram, India, Kota Legenda

SONY DSC

Mahabalipuram atau dikenal pula dengan Mamallapuram adalah kota kecil di India yang masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site pada 1984. Inilah kota dimana para dewa dan dewi yang ada di legenda Mahabarata dan Ramayana hidup.

Anda dapat melakukan perjalanan sehari (a day trip). Candi-candi bersejarah letaknya lumayan berdekatan, jadi bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Rute bisa dimulai dengan mengunjungi Arjuna’s Penance. Sebuah relief raksasa berukuran panjang 30 meter dan tinggi 15 meter ini menceritakan bagaimana Arjuna berusaha mendapatkan senjata Shiva.

Di sekitar Arjuna’s Penance, ada Krishna Cave Temple dan Varaha Cave Temple. Selanjutnya, Anda bisa berjalan menuju Khrisna’s Butter Ball, sebuah batu besar yang menyerupai bola dengan kemiringan 45 derajat, tapi tidak jatuh. Anda bisa berpiknik di taman. Setelah beristirahat, kunjungi Ganesh Ratha, sebuah candi yang awalnya dipersembahkan untuk Dewa Shiva, tapi dihibahkan kepada anaknya, Ganesha.

SONY DSC

Five Rathas adalah kompleks candi yang harus dikunjungi. Di sinilah kita akan dibuat terpukau oleh bangunan candi-candi megah. Setiap candi didedikasikan kepada dewa Hindu, para Pandawa Lima, dan Drupadi. Anda juga dapat melihat kendaraan Pandawa Lima dan terkubur selama ribuan tahun di dalam pasir hingga Inggris menggalinya sekitar 200 tahun yang lalu.

Sempatkan juga melihat para seniman memahat patung di sekitar kompleks candi. Jangan lupa membeli souvenir khas yang biasanya terbuat dari batu marmer yang telah dipahat dan diukir berbentuk gajah, para dewa Hindu, dan sebagainya.

Trip diakhiri dengan kunjungan ke Shore Temple. Candi anggun ini didirikan pada abad ke-7 dan menghadap ke pantai. Sungguh menyenangkan berkeliling bersama hempasan angin laut yang sepoi-sepoi. Candi ini dipercaya sebagai bangunan terakhir di tepi pantai yang tetap berdiri dengan utuh sejak dahulu kala. Akibat tsunami tahun 2004, para ahli menemukan jejak candi-candi yang kemungkinan merupakan “sister temples” dari Shore Temple ini.

Nila Tanzil | @nilatanzil | www.nilatanzil.com

Travel Blogger/Writer | Founder of Taman BacaanPelangi (@pelangibook)

(Majalah Market+ Edisi 54)

Top