NAVIGATION

Jelajah Gugusan Pulau di Lampung

(Doc. MARKET+)
(Doc. MARKET+)

 

Tak perlu jauh-jauh ke wilayah timur Indonesia untuk menikmati gugusan pulau dan pesona bawah laut yang menawan. Di bagian barat Tanah Air dan provinsi terdekat dengan pulau Jawa yang ada di Andalas, ada Lampung dengan destinasi wisata yang masih terbilang anyar.

Selain nama-nama populer seperti Way Kambas yang dikenal dengan elephant preservation dan Kiluan Bay dengan atraksi lumba-lumba liarnya, ada juga destinasi menawan dengan pemandangan gugusan pantai dan alam bawah lautnya, yakni pulau Tanjung Putus.

(Doc. MARKET+)
(Doc. MARKET+)

Untuk menuju ke Tanjung Putus kita akan melewati gugusan pulau Pahawang. Berangkat dari Bandar Lampung, kita harus menempuh perjalanan darat sekitar 2 jam untuk sampai ke Dermaga Ketapang. Dari sinilah, perjalanan mengarungi gugusan pulau dengan menggunakan speed boat dimulai.

Di pulau Pahawang Kecil, mata kita akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Begitu tiba di Tanjung Putus, ikan ikan “narsis” akan menyambut pengunjung dari dasar laut. Cukup dengan melemparkan remah-remah roti kering dari perahu atau pinggir dermaga, mata kita akan dimanjakan dengan munculnya berbagai jenis ikan warna-warni yang indah.

(Doc. MARKET+)
(Doc. MARKET+)

Pulau yang terletak di Teluk Lampung, Kabupaten Pesawaran ini memang menjadi primadona para penggemar snorkeling dan diving. Menurut Arif Nugroho, Kepala Seksi Sarana Promosi Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Lampung, pulau ini disebut Tanjung Putus karena dahulunya menyatu dengan daratan. Erosi membuat ujung daratan terputus sehingga membentuk selat kecil dan pulau yang hanya dipisahkan beberapa meter saja. (AGS)

Supported by POP! Hotel Tanjung Karang

(Majalah Market+ Edisi 54)

Top