NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Hendry Soelistyo: Menjawab Problem Kota dengan Inovasi

(Doc. Market+)
(Doc. Market+)

 

QUOTES: “Jangan pernah berhenti berusaha, kita mungkin sudah satu langkah lagi menuju kesuksesan,”

Pengalaman hidup di negeri orang dengan sistem transportasi yang tertib dan teratur, membuat Hendry Soelistyo merasa “gerah” saat harus mengalami kemacetan setiap hari di Jakarta.

Karena macet, perjalanan yang seharusnya ditempuh dalam hitungan menit, baru bisa digapai setelah berjam-jam terjebak di jalan raya. Meski ada banyak jalur yang bisa dilalui, tapi hal tersebut tidak berarti jika kita sudah berada di tengah kemacetan.

Kondisi itulah yang menginspirasi Hendry untuk menciptakan sistem informasi yang berguna bagi pengguna jalan agar dapat menghindari kemacetan. Melalui Lewatmana.com, lulusan University of Manitoba, Kanada ini, menghadirkan informasi terkini kepada penguna jalan dengan harapan dapat membantu merencanakan perjalanan dengan lebih efektif dan efisien.

Ide yang tercetus sejak tahun 2006 tersebut baru terealisasi pada akhir tahun 2008 membuat server dan memasang dua CCTV di dua lokasi kemacetan. Dan baru pada Maret 2009, Hendry memberanikan diri meluncurkan produk lewatmana.com dengan memasang 20 CCTV di titik-titik kemacetan di kawasan Jabodetabek, seperti Jalan Gatot Subroto, Kebon Jeruk, dan Grogol, Jakarta Barat.

Dari awal kemunculannya, lewatmana.com terus menarik perhatian para pengguna jalan di Ibu Kota. Saat ini, Hendry mengaku lewatmana.com telah memiliki setidaknya 8 juta user.

Potensi untuk terus berkembang pun terbuka lebar. Selain membangun kerja sama dengan para pengelola gedung-gedung bertingkat di Jakarta yang ingin gedungnya dipasangi CCTV untuk memantau jalanan di sekitar gedung, Hendry juga menggaet provider-provider telekomunikasi untuk berpartisipasi.

Pun begitu, hal tersebut bukanlah perkara mudah. Menurutnya, menciptakan partnership dan memberikan edukasi kepada pemilik atau pengelola gedung masih jadi kendala baginya. “Meski masih ada beberapa kendala, tapi banyaknya user yang cukup aktif berpartisipasi menjadi solusi bagi perkembangan lewatmana.com,” imbuh pria kelahiran Malang ini.

Dalam berwirausaha, Hendry mengaku tidak semata-mata mencari profit saja. Lebih dari itu, baginya memecahkan masalah sosial adalah tujuan dari itu semua. Lewatmana.com tak sekadar mengurangi kemacetan lalu lintas kota, tetapi juga jadi solusi dari masalah-masalah lain yang diakibatkan oleh kemacetan, misalnya stres dan pemanasan global dari emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan.

Bahkan, situs lewatmana.com berhasil meraih penghargaan internasional Netexplorateur Award of the Year 2011 di Prancis pada 3 Februari 2011. Dan Hendry adalah satu-satunya orang Asia Tenggara yang menerima penghargaan tersebut.

Baginya, peluang bisnis terbuka lebar dengan mengatasi masalah sosial yang ada. Yang terpenting adalah terus berusaha memecahkan masalah dan konsisten menjalaninya. “Jangan pernah berhenti berusaha, kita mungkin sudah satu langkah lagi menuju kesuksesan,” ujar sulung dari empat bersaudara. (AGS)

Nama Lengkap : Hendry Soelistyo

Pendidikan :University of Manitoba

Pekerjaan : Founder LewatMana.com

(Majalah Market+ Edisi 54)

Top