NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Finance is Fun!

Finance is Fun!

Money& Me

Pertanyaaan:

Saya Widya Astomo, umur 28 tahun sudah menikah, karyawan swasta, penghasilan setiap bulan kurang lebih Rp5juta. Yang mau saya tanyakan berapa sih batas cicilan hutang yang diperbolehkan agar keuangan saya tidak ada masalah kedepannya. Mohon pencerahannya dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Jawaban:

Pagi Widya, salam kenal. Idealnya, untuk keuangan yang sehat, maka rasio cicilan adalah maksimum 30% dari total pendapatan (suami dan istri). Jika lebih dari persentase tersebut, maka akan kesulitan untuk pengaturan keuangan lebih lanjut. Happy Investing!

 

Pertanyaan:

Assalam, Mbak Wina,

Saya membeli satu kamar apartment type studio di Grand Taman Melati Margonda karena dekat sekali dengan kampus UI dan stasuin UI yang rencananya akan disewakan. Cara pembayarannya adalah tunai Rp407 juta atau softcash dimana bayar DP Rp200juta dan sisanya dicicil selama 2 tahun dengan total jumlah menjadi Rp447juta ( selisih Rp40juta dengan membeli tunai).

Pertanyaan saya kepada mbak Wina mana yang lebih untung bayar tunai cash keras atau softcash?

Terima kasih atas jawabannya, saya tunggu.

 Wass,

Jawaban:

Walaikumussalam

Hai Ridwan, wah senangnya sudah bisa berinvestasi lewat properti. Jika membandingkan lebih untung mana membayar tunai keras atau softcash, tentu jawabannya lebih untung membayar tunai keras. Karena membayar dengan softcash ada time value of money ke depannya (bunga) dan membayar tunai keras lebih murah. Namun pertanyaannya adalah: adakah dana tunai keras tersebut yang memang khusus untuk membeli apartemen tersebut?

Jika memang ada dana yang sudah dialokasikan, silakan saja. Kenapa dialokasikan? Agar jangan sampai aset yang kita miliki habis hanya untuk apartmen sementara ada keperluan lain. Namun jika belum ada, maka mencicil adalah pilihan bijak. Semoga menjawab ya.

Ligwina Hananto, BCom, MBA, CWM, AEPP, CFP®

CEO PT. Quantum Magna @mrshananto

www.qmfinancial.com

e-mail: info@qmfinancial.com

(Majalah Market+ Edisi 53)

Top