NAVIGATION

Berpikir Up-Market

(Doc. Market+)
(Doc. Market+)

Leonard Theosabrata

Owner Accupunto & Inisiator Brightspot Market

Idealisme dan skill menjadi dua unsur yang dibutuhkan untuk terjun menjadi entrepreneur, demikian pandangan Leonard Theosabrata. Setelah berkiprah di mancanegara, Leo memutuskan untuk mengembangkan bisnis di bidang kreatif dan memiliki mimpi untuk negeri ini. “Harapannya, anak muda menjadikan bisnis menjadi lifestyle.”

Leo dikenal dengan bisnis di bidang desain produk furnitur Accupunto. Ia membawa Accupunto meraih penghargaan internasional, seperti Red Dot Design tahun 2003 dan Interior Innovation Award 2004 German Design Council, Good Design Award dari Jepang, dan Indonesia Design Award 2003. Selama 12 tahun Leo menekuni bisnis di bidang industri kreati, bersama Anton Wirjono, Leo mendirikan Goodsdept.

Ada satu hal yang diamati Leo mengenai keberanian pelaku bisnis kreatif Tanah Air. “Sebagian besar belum berani berpikir up market,” tutur Leo dalam acara talk show Designpreneurship yang diselenggarakan oleh Binus University. Produk dengan harga yang tinggi disusul dengan kualitas yang baik akan menghasilkan keuntungan lebih sehingga menjamin kelangsungan produksi.

Selain mengembangkan bisnis Goodsdept, Leo dan tim menggelar Brightspot market yang sudah 10 tahun berjalan. Event ini diadakan guna memberikan tempat bagi para pemilik label indie untuk memasarkan produk mereka. Leo dan tim melakukan kurasi yang cukup tegas bagi para produsen clothing lokal yang ikut serta dalam ajang ini. “Brightspot saya lihat sebagai fenomena. Entrepreneurship terlihat di sana, ke depannya semoga bisnis menjadi lifestyle bagi anak muda, “ demikian harapan Leo.

Namun menurut pria yang yang mempelajari desain di Art Center College of Design di Pasadena, California ini mencermati bahwa pertumbuhan brand lokal memang ada, namun masih kurang. “Saat ini ada 250 brand di GoodsDept, tapi setengahnya kurang mampu memenuhi ritme bisnis yang cepat, artinya level dan kuantitas masih kurang. Di sini supply chain jadi kendala,”lanjut Leo.

Leonard kini tengah melakukan kampanye untuk mengajak anak muda berkreasi, yakni gerakan #Self Made. Gerakan ini mencoba membangkitkan self motivation, discipline, enrichment, hingga semangat mengajarkan talenta ke masyarakat. (ANA)

(Majalah Market+ Edisi 54)

Top