NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Rahasia Cerdik Menyiapkan Dana Pendidikan

 (Doc. Market+)

(Doc. Market+)

Memasuki tahun ajaran baru selalu diikuti dengan kehebohan mengenai biaya pendidikan dan kepanikan orangtua untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini. Tidak sedikit yang akhirnya menjual aset atau berhutang untuk membayar kebutuhan dana pendidikan. Banyak sekolah yang mengetahui hal ini, akhirnya menyediakan fasilitas cicilan atau mesin gesek kartu kredit di kasir mereka karena kebanyakan orangtua tidak siap dengan dana pendidikan yang harus mereka bayarkan untuk putra–putrinya.

Dana pendidikan adalah tujuan yang paling mudah dipersiapkan karena jangka waktunya pasti dan angkanya dapat dihitung bahkan sebelum anak Anda lahir. Maka, seharusnya tidak menjadi alasan bahwa Anda baru mengetahui besarnya biaya yang harus dikeluarkan ketika Anda berdiri di depan kasir sekolah favorit incaran dong.

Jadi, berikut beberapa tipsnya ya:

1. Know Your Standard

Semua orangtua punya standar ideal untuk putra–putrinya dan kebanyakan  tidak bersedia berkompromi. Jadi, kenali standar yang Anda inginkan terlebih dahulu. Mulai berdiskusi dengan pasangan agar bisa fokus pada target tujuan dan investasinya.

2. Survey Angka Kebutuhan dan Jangka Waktu

Lanjutkan dengan survey angka kebutuhan saat ini sesuai dengan standar yang Anda inginkan. Informasi ini bisa dengan mudah Anda peroleh terutama pada musim tahun ajaran baru atau melalui website sekolah yang diincar. Hitung targetnya dan jangan lupa memasukkan faktor inflasi kedalam perhitungan. Anda perlu menentukan jangka waktu berinvestasi sesuai dengan jenjang pendidikan atau waktu yang dimiliki untuk mencapai tujuan tersebut. Jika Anda baru menikah atau masih lajang, bisa menggunakan asumsi yang dimulai dari tahun berapa anak diperkirakan akan lahir.

3. Pelajari Produknya

Setelah Anda mengetahui target, pelajari pilihan produk yang tersedia untuk menentukan produk mana yang dapat membantu mencapai target. Sesuaikan dengan jangka waktu dan profil risiko Anda karena produk investasi memiliki tingkat risiko masing-masing. Penting diingat bahwa produk investasi merupakan sarana mencapai tujuan, bukan sebaliknya. Jika Anda sudah memiliki beberapa produk investasi, periksa kembali untuk memastikan tidak salah pilih.

4. Mulai Segera

Makin awal Anda memulai, makin rendah angka investasi yang dipersiapkan. Jika belum memulai investasi dana pendidikan putra-putri Anda, mulailah hari ini setelah melakukan langkah-langkah di atas. Monitor kinerja produk-produk yang digunakan secara berkala untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana dan memberi Anda waktu untuk melakukan penyesuaian jika diperlukan.

Semoga berhasil.

Yasmeen Danu | @yasmeen

www.qmfinancial.com

 (Majalah Market+ Edisi 44)

Top