NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Nadine Chandrawinata: The Dive Junkie

(Doc. Market+)
(Doc. Market+)

Rumah adalah tujuan, pulang adalah panggilan. Maka pulang ke rumah bukan sekadar bicara soal ruang tapi rasa. Ketika menyambangi nusantara adalah pulang, ketika Indonesia adalah rumah bagi Nadine Chandrawinata.

Pada akhirnya, Jakarta hanya menjadi tempat persinggahan untuk Nadine Chandrawinata. Hari-harinya lebih banyak ia lewatkan dengan menyambangi antero Nusantara. Setidaknya, sekali sebulan ia mengunjungi Raja Ampat, Papua, sebuah destinasi wisata di ujung timur Indonesia yang sedang jadi buah bibir para traveler. Saking jatuh cintanya pada Raja Ampat, Nadine dan keluarganya memutuskan berinvestasi dengan membuka resor  keluarga di Raja Ampat bernama Raja Ampat Dive Resort.

“Saya memang sangat beruntung, bisa bekerja sambil menjelajahi Nusantara. Rumah di Jakarta hanya jadi tempat transit, waktu saya justru habis untuk berkelana,” ujar Nadine yang saat wawancara berlangsung baru kembali dari Pulau Komodo. Bagi  Nadine, Nusantara adalah rumah sejatinya.

Belakangan, Puteri Indonesia tahun 2005 ini giat mengampanyekan gerakan Go Blue. “Kita sering lupa bahwa sebagai negara kepulauan, Indonesia ini banyak lautnya. Karena tinggal di kota jadi seolah laut jauh sehingga tidak ada rasa memiliki,” ujar perempuan kelahiran Hannover, Jerman 8 Mei 1984 ini.

Nadine kemudian menjelaskan langkah sederhana yang bisa dilakukan, misalnya ketika traveling biasakan untuk membawa tempat makan dan minum sendiri demi mengurangi penggunaan styrofoam dan plastik. Jangan membuang sampah apalagi puntung rokok sembarangan dan bijak menggunakan air. “Ketika travelling jangan cuma jadi penikmat, tapi juga penyelamat lingkungan,” tegas Nadine.

Hampir semua wilayah Indonesia sudah pernah disambangi pemegang sertifikat Rescue Diver ini. Tinggal pulau-pulau kecil dan terdepan di Indonesia seperti Mentawai dan Natuna yang sedang jadi sasaran kunjungannya. Nadine menyatakan, pesona alam Indonesia adalah yang terbaik. Namun ia mengingatkan para traveller untuk bersikap layaknya tamu ketika pelesir. “Jadi, kita yang harus menyesuaikan diri dan menghormati budaya setempat, bukan sebaliknya,” pesan Nadine.

Kini, Nadine sedang giat mempromosikan resor keluarga miliknya di Raja Ampat, selain juga asyik menata ulang interior resor dan tes menu ketika berkunjung. Lebih jauh dari itu, Nadine terus aktif dalam berbagai kegiatan pelestarian alam, khususnya laut, ia merasa berhutang budi pada alam.

Maka, Nadine yang sesungguhnya bukanlah Nadine yang tampil feminin, anggun dan glamor seperti yang dicitrakan media massa. Nadine sesungguhnya adalah Nadine dalam boot dan sneakers, Nadine yang selalu terpanggil untuk berkarya apapun bentuknya, Nadine yang selalu rindu pulang pada pelukan alam bumi pertiwi. (JO)

(Majalah Market+ Edisi 53)

Top