NAVIGATION

Bukti Kekuatan Agen Lokal

(Doc. Market+)
(Doc. Market+)

 

Oemin Handajanto

CEO Zurich Topas Life

Meningkatnya jumlah penduduk berpendapatan menengah dan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi, menjadi salah satu faktor utama bertumbuhnya industri asuransi di Tanah Air. Pun begitu, bagi banyak pengamat di Indonesia, 2014 menjadi tahun penuh tantangan untuk sektor ekonomi dan bisnis. Hal ini karena akan ada pemilihan umum (Pemilu) dan tentunya pergantian pemimpin yang berujung pada perubahan kebijakan ekonomi.

Walau terbilang baru, pasar asuransi Indonesia memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Optimistis tersebut dimiliki oleh CEO Zurich Topas Life, Oemin Handajanto. Dengan keahlian dan jejaring global yang dipadu dengan kekuatan tim dan agen lokal Zurich yakin bisa meningkatkan pangsa pasarnya di Indonesia melalui tahun ini dengan baik. Berikut petikan wawancara dengan Oemin Handajanto, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Bagaimana Zurich memandang pasar asuransi di indonesia?

Pasar asuransi di Indonesia akan sangat meningkat di masa-masa yang akan datang. Pertumbuhan asuransi khususnya asuransi jiwa akan selalu bertumbuh dari tahun ketahun, tapi memang belum pada tahap atau satu momentum yang booming.

Dilihat dari strutur demografik Indonesia yang 65%-nya ada pada usia 35 tahun kebawah, bisnis ini memang sangat menjanjikan. Ini karena asuransi bersifat longterm, atau bisnis untuk jangka panjang, dan saya melihat kedepannya akan sangat prospektif, karena marketnya sudah sangat banyak.

Namun, memang penetrasi asuransi di Indonesia masih terbilang rendah. Premi asuransi baru menyumbang 1,2 sampai 1,3% pada perekonomian Indonesia, sedangkan negara lain seperti Jepang sudah bisa menyumbang hingga 8%. Dengan ekonomi yang bertumbuh sekitar 6% dan struktur demografik yang mumpuni hanya tinggal menunggu waktu pertumbuhan asuransi yang signifikan di Indonesia.

Bagaimana dengan penetrasi asuransi yang dilakukan oleh Zurich?

Saat ini, kami beroperasi di 23 kota dengan lebih dari 40 kantor agensi, dan itu terus akan bertumbuh. Saya rasa putera daerah sangat cocok untuk melakukan pendekatan pada masyarakat setempat. Mereka lebih bisa melakukan pendekatan yang tepat, cara komunikasi yang cocok dan mengetahui kebutuhan masyarakat. Dan putera daerah tersebut yang kami jadikan sebagai representatif Zurich di daerah-daerah dimana mereka tinggal.

Apa ada treatment khusus untuk menggarap pasar asuransi di indonesia?

Zurich memiliki strategi untuk tiga tahun kedepan. Yakni dengan membidik pasar di negara-negar berkembang, dan ada empat negara yang menjadi perhatian Zurich untuk menjadi pasar utama, yakni Indonesia, Malaysia, Brazil dan Spanyol.

Setiap negara punya kematangan pasar yang berbeda-beda. Pengalaman dan pengetahuannya juga bermacam-macam. untuk menghadapi pasar di Tanah Air, Zurich punya ahli untuk mengatasinya. Salah satunya, saat ini kita perkuat distribusi dengan sistem keagenan dan bank insurance. Sampai sekarang, kita sudah punya agen lebih dari 6000 di seluruh di indonesia. Dari Medan sampai Papua. Kita juga sangat memperhatikan training dan profesionalisme mereka.

Selain itu, yang menjadi perhatian kami adalah kebutuhan dari para customer dengan mempelajari karakteristik mereka, mengembangkan produk yang sesuai dengan karakterisik mereka, dan distribusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kita juga terus membangun infrastruktur.

Bagaimana perkembangan Zurich di Indonesia hingga saat ini?

Tahun 2013 adalah tahun yang sangat baik bagi Zurich. Karena kita melebihi target yang ingin kita capai. Setidaknya dua kali lipat. Dan saya berharap bisa mempertahankan momentum di tahun 2014 ini.

Jadi kalau ada yang mengatakan bisnis asuransi di tahun lalu itu menurun, lain halnya dengan Zurich yang mencapai target hingga dua kali lipat.

Apa produk yang menjadi unggulan Zurich?

Saya rasa produk unggulan itu relatif. Karena konsumen punya kebutuhan yang berbeda-beda. Ada konsumen yang hanya punya kebutuhan untuk proteksi asuransi jiwa atau investasi mereka, ada juga yang untuk tabungan atau kesehatan.

Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda dan zurich punya banyak produk unggulan yang meng-cover itu. Tapi kalau dilihat dari penjualan yang lebih besar untuk tahun lalu, lebih banyak didominasi oleh produk unit link.

Produk unit link sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia. Dan tidak semua negara menjadikan produk ini sebagai primadona. Selain dari regulasi di Indonesia yang mendukung produk unit link, masyaraklat kita juga suka pada jenis yang satu ini.

Kampanye apa yang tengah digalakkan oleh Zurich baru-baru ini?

Kita cukup banyak aktif kampanye di berbagai media. Kami ingin nama Zurich dikenal oleh masyarakat yang menjadi target konsumen kami. Zurich ingin dikenal sebagai perusahaan terbaik yang memberikan produk-produk terbaik untuk unit link dan proteksi. Jadi, kalau masyarakat ingin produk dan pelayanan terbaik, mereka akan mencari ke Zurich.Target kami bukan menjadi yang terbesar, tapi menjadi yang terbaik.

Strategi apa yang dilakukan untuk mencapai target tersebut?

Seperti yang saya katakan, pertama kami memilih jalur distribusi yang cocok, yakni lewat agensi. Kemudian kami juga memberikan edukasi yang terbaik untuk para sales dan agen-agen yeng bekerja di lapangan. Dan kami juga memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk menghubungi customer service kami. (AGS)

(Majalah Market+ Edisi 53)

Top