NAVIGATION

Belajar Bahasa Asing

Education-April

Guru saya di pondok dulu bilang, kuasai paling tidak dua bahasa asing: Arab dan Inggris. Yang pertama untuk mendalami ilmu agama dari sumbernya dan yang kedua untuk mendalami berbagai ilmu lain di dunia.

Metode yang kami pakai waktu itu praktik langsung. Walau awalnya terbata-bata, lama-lama bahasa ini masuk ke alam bawah sadar. Sehingga tidak jarang kami bermimpi dalam bahasa asing, bahkan kadang terbawa dalam igauan.

Bagaimana kalau sudah kuliah atau kerja, apakah belajar bahasa tetap penting? Menurut saya kemampuan bahasa adalah modal penting untuk naik level dalam dunia profesional dan pendidikan. Bahkan di beberapa kantor, skil bahasa menjadi salah satu pertimbangan untuk kemudian bisa naik pangkat. Skil bahasa ini adalah tanggung jawab pribadi kita dan jangan berharap perusahaan atau orang lain yang akan menawarkan. Take control dan tentukan pengembangan diri kita masing-masing.

Apa langkah-langkah belajar bahasa? Pertama, tentukan bahasa asing apa yang akan diperdalam. Pemilihan bahasa ini sebaiknya dikaitkan dengan lingkup kerja dan kuliah. Kalau Anda bekerja di perusahaan yang berpusat di Paris, tentu akan baik menguasai Bahasa Perancis, daripada bahasa Spanyol, misalnya.

Kedua, tentukan metode belajarnya. Ada orang yang memang cocok belajar di kelas, ada pula yang cocok belajar sambil praktik langsung. Tanyakan ke tempat kursus bahasa apa metode yang mereka pakai cocok dengan gaya belajar kita. Kalau perlu minta kesempatan untuk mencoba 1 kelas dulu sebelum menentukan.

Ketiga, pratikkan sebanyak mungkin. Bahasa adalah keterampilan yang perlu dipakai setiap hari kalau ingin menguasainya secara cepat. Jadi mengandalkan materi di kelas tidak cukup. Praktikkan dengan mengobrol dengan penutur aslinya, menonton film dengan bahasa itu, atau menghapal dan menyanyikan lagu dalam bahasa itu. Segala bentuk kegiatan berbahasa akan memperkuat dan memasukkan bahasa itu ke alam bawah sadar kita.

Keempat, kalau malas kursus dan tidak ada waktu, kenapa tidak belajar mandiri? Saat ini banyak juga dijual software belajar bahasa asing seperti Rosetta Stone. Selain itu ada website yang menyediakan sesi belajar online dengan video, lewat Youtube atau Vimeo. Selamat belajar.

Ahmad Fuadi | @fuadi1

Penulis novel trilogi Negeri 5 Menara. Pendiri Komunitas Menara. Penerima beasiswa dari Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Singapura dan Italia.

negeri5menara@yahoo.com | www.negeri5menara.com | Instagram @afuadi

(Majalah Market+ Edisi 53)

Top