NAVIGATION

7 Startup Indonesia Pitching Di GIST Demo Day 2014

7 Startup Indonesia Pitching Di GIST Demo Day 2014

gist

GIST Demo Day 2014 dibuka dengan keynote dari Jeff Hoffman, CEO dari ColorJar dan Mantan CEO dari Priceline. Dalam sambutannya, Jeff menceritakan perjalanannya sebagai seorang entrepreneur.

Setelah sesi keynote ini, sesi pitching dari 7 startup yang terpilih selama bootcamp yang dilaksanakan 2 hari sebelumnya. Mereka mempresentasikan bisnis modelnya dalam waktu 5 menit dihadapan juri.

Beberapa tokoh yang menjadi juri dalam acara tersebut adalah Scott Gillespie (Venture Capitalist di T2VC), Chris Kanter (Chairman dan Founder dari Sigma Sembada Group), Shinta Widjaja Kamdani (CEO dari Sintesa Group), dan Wilcon Cuaca (Managing Partner dari East Venture).

Sedangkan 7 startup yang mengikuti pitching dalam acara ini adalah EFishery, Startup yang mencoba untuk menyelesaikan masalah yang ada di sektor perikanan.  Kemudian DreamBender yang berupa kamus bahasa dan aplikasi pembelajaran bagi tunarungu. Selain itu ada Growbox yang bergerak di bidang agriculture dan Karamel yang hadir sebagai online verification system untuk memudahkan anda dalam mengisi suatu Captcha. Ada juga Squline dan Smart Colleague. Terakhir Wakuwakuw yang merupakan platform untuk me-manage suatu komunitas secara online dengan membuat layanan website sendiri, tool untuk sharing, promosi dan kolaborasi, event planning, mengatur suatumeetup/pertemuan, penjualan tiket, dan masih banyak lagi.

Setelah ketujuh startup tersebut melakukan pitching, juripun mengumumkan para pemenang di hadapan ratusan orang yang menghadiri acara tersebut. Untuk Runner up ke-4 adalah Karamel, Smart Colleague, Wakuwakuw, dan Squline. Sedangkan Runner up ke-3 adalah Growbox yang disusul dengan Runner up ke-2 yakni EFishery. Untuk Juara 1 dimenangkan oleh DreamBender yang memiliki konsep dan presentasi yang baik bagi para juri.

Sebagai informasi, GIST Initiative adalah sebuah kemitraan yang dipimpin oleh CRDF global dan Departemen Luar Negeri AS untuk membangun ekosistem kewirausahaan di lebih dari 50 negara di Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Afrika Sub-Sahara, dengan mengidentifikasi, membina dan dan memberikan bantuan dana yang menjanjikan kesuksesan bagi pengusaha melalui kompetisi, percepatan usaha dan jaringan, platform media sosial, dan program bimbingan interaktif.

Setelah GIST Demo Day, GIST Initiative membawa Tiket.com (Pemenang Kompetisi GIST Tech-I 2012) dan Wakuwakuw (Runner up GIST Boot Camp di Indonesia) ke GIST Entrepreneurship Journey, yakni perjalanan dua minggu ke Chicago dan Washington DC, di mana startup yang terpilih akan menerima pelatihan, bimbingan, jaringan, dan peluang untuk mempresentasikan bisnis mereka ke investor. (AGS)

Top