NAVIGATION

5 Must Visit Places In Myanmar

Shwedagon Paya
Shwedagon Paya

Myanmar, salah satu negara Asia yang memiliki kekayaan alam, bangunan bersejarah serta candi-candi kuno yang tetap berdiri dengan indah nan megah hingga kini. Inilah lima spot yang tidak boleh dilewatkan!

 1.       Shwedagon Paya di Yangon. Merupakan tempat paling sakral bagi umat Buddha di Myanmar, dibangun pada abad ke-6. Pagoda ini memiliki dome setinggi 98m dan terbuat dari emas. Saat senja tiba, Shwedagon Paya berkilau dengan lampu-lampu yang menyinari stupa-stupa emas, kontras dengan background langit yang mulai gelap. Cantik!

 2.       Bagan, kota dengan ribuan candi. Berkeliling kota dengan sepeda adalah hal yang paling mengasyikkan! Kota tua di Myanmar ini dihiasi lebih dari 2.000 candi berusia lebih dari 1.500 tahun di tiap sudut kota. Ada lukisan kuno di dinding candi-candi, kita belajar mengenai kebudayaan dan cara hidup masyarakat jaman dahulu kala. Wisatawan juga dapat membeli souvenir berupa lacquer-ware yang cantik, khas kota Bagan!

Bagan
Bagan

 3.        Inle Lake. Naik perahu mengitari danau yang luas dan menyaksikan denyut nadi kehidupan masyarakat di Inle yang berlalu-lalang dengan perahu adalah suatu hal yang spesial. Jangan lupa mencermati cara nelayan menangkap ikan, karena mereka memiliki tradisi khusus yang berbeda dari tempat lainnya di dunia! Akhir Juni Anda dapat menyaksikan festival dimana lebih dari 4.000 biksu berjalan di atas lantai bertaburan bunga dan masyarakat setempat berdoa di sekeliling mereka.

 4.       Mandalay. Mendaki Mandalay Hill saat matahari terbenam dan menikmati pemandangan dari atas bukit adalah salah satu hal yang tak terlupakan. Anda juga dapat melakukan a day trip to the ancient cities yang terkenal, yaitu Amarapura, Inwa, Sagaing dan Mingun dan mengunjungi beberapa monastery tua yang seluruh bangunannya terbuat dari kayu jati yang diukir detail.  Di Mingun, ada lonceng raksasa kedua terbesar di dunia!

 5.       Golden Rock (Kyaikhtiyo Pagoda). Terletak di puncak gunung Paunglaung, Golden Rock ini merupakan spot pilgrimage umat Buddha terkenal di Myanmar. Untuk mencapai kesini, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan pegunungan yang luar biasa indahnya!

Golden Rock

 Travel Tips:

  • Berpakaian sopan dan tertutup. Masyarakat di Myanmar mayoritas mengenakan kain (perempuan) dan sarung (pria) dalam keseharian.
  • Cicipi berbagai makanan khas Myanmar di pasar tradisional setempat.

Nila Tanzil

Travel Blogger/Writer

Founder of Taman BacaanPelangi

(@pelangibook)

Twitter: @nilatanzil

www.nilatanzil.com

(Majalah Market+ Edisi 53)

Top