NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Tips Menemukan Penasihat Keuangan Yang Mampu Dipercaya

Tips Menemukan Penasihat Keuangan Yang Mampu Dipercaya

Penasihat Keuangan adalah orang yang nantinya akan bekerja bersama Anda dalam merencanakan setiap aset Anda, baik untuk hari ini maupun untuk jangka panjang. Merupakan hal yang beresiko tinggi jika Anda mempercayakan aset Anda kepada seorang yang tidak mumpuni di bidangnya. Jika Anda berencana untuk menggunakan jasa seorang Penasihat keuangan, ada baiknya Anda simak beberapa tips berikut ini. Berikut adalah syarat utama sebelum anda menggunakan jasa seoarang Penasihat Keuangan.

1. Tak satu pun dari saran harus didasarkan pada pendapat para penasihat (Advisor).

Sebaliknya, penasihat harus mampu menunjukkan bahwa saran nya didasarkan pada apa yang mungkin disebut sebagai “ilmu investasi” atau “investasi berbasis bukti” – bukti dari jurnal akademik. Perusahaan penasihat harus dapat menyebutkan bukti dari jurnal yang mendukung rekomendasi mereka. Dan sarannya harus mudah dimengerti, transparan dan masuk akal.

2. Perusahaan Penasihat harus memberikan “Jaminan Fidusia”

Jaminan Fidusia – kewajiban hukum tertinggi dimana salah satu pihak dapat memiliki yang lain – yang mengharuskan perusahaan untuk memberikan saran yang didasarkan semata-mata pada apa yang menjadi kepentingan terbaik Anda. Yang harus digaris bawahi adalah tidak ada alasan untuk Anda bekerja dengan seseorang yang tidak siap bertemu dengan standar fidusia. Mengapa Anda harus bekerja dengan seseorang, kecuali anda yakin bahwa prinsip pedoman perusahaan untuk menawarkan saran yang berdasarkan keinginan terbaik anda? Itu berarti ketika datang untuk investasi, hal pertama yang perusahaan tersebut jual adalah saran, bukan produk yang akan menghasilkan komisi. Jika sebuah perusahaan penasihat tidak ingin menuliskan bahwa mereka tidak memiliki standar jaminan fidusia, tidak ada alasan untuk Anda bekerja bersama mereka.

3. Advisor harus menginvestasi dengan sarana yang sama persis dengan yang direkomendasikan pada Anda.

Mereka juga harus mampu memperlihatkan kepada Anda penawaran rencana kerja sarana yang sama, seperti yang mereka rekomendasikan (karena setiap orang memiliki kebiasaan yang unik, kemampuan, dan butuh mengambil resiko), namun sarana yang ditawarkan harus identik. Jika tidak, jangan pekerjakan mereka.

4. Rencana keuangan bisa gagal dengan beberapa alasan yang tidak ada sangkut pautnya dengan hal tersebut.

sangat penting jika perusahaan penasihat menggabungkan sebuah perencanaan investasi menjadi keseluruhan properti, pajak dan perencanaan manajemen resiko. Sebuah rencana keuangan yang berkembang dengan baik mencakup analisis rinci tentang perlunya asuransi jiwa – sebagai pengganti penghasilan, atau sebagai cara yang paling efisien untuk membayar pajak warisan dan kekayaan transfer ke ahli waris Anda, atau untuk amal. Ini juga mencakup kebutuhan akan asuransi cacat dan asuransi umur panjang, untuk menutupi risiko kehabisan uang karena Anda hidup lebih lama dari yang diduga.

Pada akhirnya, Anda harus memastikan bahwa servis wealth management perusahaan tersebut disediakan oleh individu yang sudah PFS (personal financial specialist), CFP (certified financial planner) atau sebutan lain yang sebanding. Hal ini sangat penting karena gelar ini hanya diberikan jika individu tersebut sudah mampu mendemosntrasikan dan unggul menjadi seorang personal financial planner.

 

Source :  CBS News

Top