NAVIGATION

Terlena Alunan Brand

Terlena Alunan Brand

branding

Sebuah cerita rakyat Jerman dari abad pertengahan tentang “the Pied Piper”, seorang musisi peniup suling yang menawarkan jasa kepada walikota kota Hamelin untuk membasmi hama tikus dengan menggunakan suara alat musiknya. Konon sang musisi bermain melewati jalan-jalan di kota tersebut dan semua tikus keluar mengikutinya hingga dilepaskan ke sebuah sungai untuk tenggelam.

Namun kisah ini menjadi kelam karena musisi ini tidak mendapatkan pembayaran yang sesuai dengan perjanjian. Wanprestasi ini ia balas dengan memainkan sulingnya untuk memboyong seluruh anak-anak di kota itu hingga mereka menghilang. Terlena oleh musik.

Music is powerful. Musik yang baik dibuat oleh musisi yang memang ahli di bidangnya, dengan ilmu musik yang telah dipelajari bertahun-tahun, dan juga mempunyai pengalaman khusus di berbagai aspek musik. Penggunaan musik oleh brand juga tidak terbatas dalam penggunaan jingle saja untuk di radio dan televisi.

Apabila suatu brand ingin mengumpulkan massa untuk kepentingan promosi, maka brand akan membayar musisi atau band yang paling baik untuk menarik massa yang sesuai dengan target market mereka. Namun tidak sedikit pemilihan musisi atau artis semata-mata berdasarkan azas “yang penting ramai”.

Membuat suatu lagu yang mewakili brand itu susah! Membuat lagu yang akan menjadi hits saja susah, apalagi bila ada pesan-pesan brand di dalamnya, terutama bila lirik mengandung kata-kata tentang “functional benefits” dari brand. Inilah kenapa beberapa mars perusahaan sering terdengar seperti pidato pimpinan perusahaan yang “dilagukan”. Pemilihan kata untuk lirik bisa menjadi kaku, atau tidak pas dengan melodi.

Namun walaupun kaku, bukan berarti kita berhenti menggunakan lagu untuk kepentingan brand. Practice makes perfect. Tentunya makin lama akan makin baik, anyway. Saat menjadi sempurna, brand akan tersampaikan dengan mulus melalui lagu dan konsumen pun terlena…

(Yasha Chatab | Group Business Development Director | WIR Group Indonesia | @MrYasha)

 

(Majalah Market+ Edisi 45)

Top