NAVIGATION

Pulau Togean Nan Elok, Sulawesi

Pulau Togean Nan Elok, Sulawesi

Di Sulawesi Tengah, ada sebuah tempat yang dikaruniai oleh keindahan alam. Berada di daerah yang tidak mudah dijangkau, Taman Nasional Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini ini merupakan a hidden gem bagi wisatawan yang mendambakan liburan tenang dikelilingi oleh pantai berpasir putih dan hamparan air laut bergradasi hijau toska dan biru.

Taman Nasional Kepulauan Togean terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil dan terletak di garis khatulistiwa. Apa saja aktivitas yang dapat dilakukan disini?

1.       Menyelam/Scuba-Diving

Selain ragam biota, paling menarik adalah sponge dan sea fan mayoritas berukuran besar sekali, jika dibandingkan di tempat lain di Indonesia maupun di luar negeri.  Dapat dibayangkan mereka sudah hidup ribuan tahun lamanya untuk dapat tumbuh sebesar itu. Jika hobi menyelam, sempatkan menyelam di Pulau Una-Una, spot diving terbaik menurut saya. Di dive site Apollo, Anda akan dikelilingi ribuan barracuda yang berformasi seperti angin topan. Lalu di dive site Pinnacle, ribuan jack fish akan menyambut secara berkelompok!

2.       Snorkeling bersama Stingless Jellyfish

Salah satu daya tarik Pulau Togean adalah adanya danau yang dihuni oleh ubur-ubur tak menyengat! Kita bisa snorkeling bersama ribuan stingless jellyfish yang berwarna transparan dan berbintik putih di badannya.

Perlu diketahui, danau dengan stingless jellyfish hanya ada di beberapa tempat di dunia, yakni Palau (Micronesia), Pulau Kakaban (Derawan, Kalimantan), Raja Ampat, dan Pulau Togean. Ingat, jangan menggunakan fin/kaki katak, karena dapat melukai ubur-ubur dan jangan juga menyentuh mereka.

IMG_1413

3.       Islands Hopping

Menyewa kapal kayu selama satu hari dan berkunjung ke pulau-pulau kecil lainnya merupakan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Togean. Kita juga bisa berhenti di beberapa spot untuk snorkeling. Selain itu, kita juga bisa mengunjungi perkampungan nelayan yang dihuni oleh suku Bajo.

SONY DSC

 

How to get there?

Dari Gorontalo, ada kapal ferry “Tuna Tomini” yang beroperasi dua kali per minggu dari pelabuhan Gorontalo ke Wakai. Perjalanannya ditempuh 12 jam. Dari Wakai biasanya akan dijemput oleh staf dari resor dengan speedboat.

 

Akomodasi

Beberapa pulau memiliki akomodasi yang cukup terjangkau harganya, antara Rp150.000,- hingga Rp400.000,- per orang. Biasanya sudah mencakup 3x makan per hari. Perlu diingat, akses listrik dan air bersih sangat terbatas. Listrik biasanya hanya ada dari jam 6pm-11pm. Air bersih pun hanya ada di jam tertentu karena mereka harus membeli dari Wakai. Oleh sebab itu, biasakan menghemat penggunaan air bersih. (NILA TANZIL, @nilatanzil; Travel Blogger/Writer, Founder of Taman Bacaan Pelangi (@pelangibook), www.nilatanzil.com)

 

(Majalah Market+ Edisi 51)

Top