NAVIGATION

Mendalami 7 Retail Strokes

Mendalami 7 Retail Strokes

#road2EFes2014

#road2EFes2014

Paulina Pungky, CEO dreamLab mengisi sesi workshop #road2EFes2014 dengan tema “Retail Business for Startups”. Bertempat di L2 Kuningan City (1/3) selama dua jam peserta akan diajak untuk memahami 7 tahap untuk memulai bisnis ritel.

7 Retail Strokes:

1. Brand Strategy

Secara sederhana adalah menjual apa, ke siapa, dengan cara apa. Kita harus bersikeras membuat formula agar produk memiliki keunikan, misalnya dari segi servis maupun produk. Anda bisa menvisualisasikan satu orang customer untuk bisa tepat sasaran

2. Brand 5 Senses Creatives

Kerja kreatif ini melibatkan 5 Senses ketika menciptakan produk. Aroma apa yang akan dibuat, dinikmati seperti apa packaging-nya, dan sebagainya. Tentu saja produk bisa dibuat setelah kita mengetahui jelas siapa customer kita.

3. Business Modelling & Planning

Inilah angka untuk mengetahui kelanjutan bisnis kita untuk 6 bulan, 1 tahun, dan seterusnya. Cermatlah dalam membuat business modelling, karena inilah langkah untuk mempermudah tahapan berikutnya.

4. Operations Strategy

Eksekusi operasional yang hanya bisa dilakukan setelah tahu bisnis model. Jangan sampai kita hanya membuat sekadar hitungan tanpa data, akibatnya bisa fatal.

5. Marketing Strategy

Seringkali terjebak ke marketing tanpa langkah 3-4 akhirnya tidak maksimal, dan tidak ada pencapaian angka sales.

6. Tactical Marketing Activity

Creative activity (image & sales), di sini kita bertugas mengkoneksikan marketing dengan sales. Telusuri, apakah impacfull atau tidak event yang kita buat, iklan yang kita rancang, dan sebagainya untuk evaluasi kemajuan sales.

7. Business Profitability & Growth Review

Laporan analisis tentang data, mungkin Anda membutuhkan orang untuk menganalisisnya untuk mengetahui penjualan selanjutnya.

Top