NAVIGATION

Iqbal Farabi: Visi Membangun Iklim Usaha Lebih Baik

Iqbal Farabi: Visi Membangun Iklim Usaha Lebih Baik

(Doc. MArket+)
(Doc. Market+)

“Saya berharap orang-orang di daerah juga bisa mendapat kesempatan yang sama dalam mengembangkan usahanya,”

Berangkat dari kerja keras dan optimisme , Iqbal Farabi mantap menjadi seorang pengusaha yang dikenal memiliki banyak bidang. Menjadi seorang pengusaha memang bukan cita-cita Iqbal semasa kecil. Dia sempat mencoba masuk Akademi Angkatan Udara (AAU) karena ingin meluluskan cita-cita menjadi seorang pilot. 

Karena gagal, finalis Abang None Jakarta tahun 1999 ini, akhirnya melanjutkan kuliah bidang hukum di Universitas Pelita Harapan (UPH). Di sinilah semangat kerja Iqbal makin terasah dengan bekerja paruh waktu menjadi sales promotion dan call center. Lulus sebagai sarjana pada 2001, Iqbal pun meneruskan kuliah di bidang Magister Ilmu Hukum Bisnis, kemudian memutuskan terjun berbisnis sebagai penyedia layanan polling SMS di beberapa program televisi.

Berbekal pengalaman dan pendidikan yang didapatnya, secara bertahap Iqbal melebarkan sayap usahanya tak hanya di bidang informasi teknologi, tetapi juga media internet, network service, asset management, hingga mining trading.

Seperti pengusaha lain, bisnis yang dijalani Iqbal bukanlah tanpa kendala. Penipuan oleh rekan kerja hingga gulung tikar pernah dialaminya. Dia mengaku menjalani bisnisnya selama ini dengan learning by doing. “Tahun 2011 menjadi titik balik saya dalam menjalani usaha. Waktu itu bisnis konten dihapuskan, dan saya mulai merangkak lagi. Saya punya keyakinan, jika kita berusaha dan beribadah dengan maksimal, hasilnya juga akan bisa maksimal,” aku Iqbal. Dia juga menambahkan, untuk bisa maju, seorang pengusaha tidak boleh merasa puas dengan apa yang telah dicapainya.

Saat ini, PT. Benang Komunika Infotama (Bcomm) yang digawanginya memiliki banyak sekali core bisnis yang beraneka ragam. Mulai dari Network Service, IT Solution, Integrated Media, kuliner hingga event organizer.

Menurutnya, perbaikan iklim usaha yang ada saat ini perlu dilakukan salah satunya lewat dukungan dari para pembuat keputusan. “Seperti pertandingan sepakbola, saya tidak ingin hanya jadi penonton atau komentator saja, saya ingin menjadi wakil rakyat dan menuangkan ide-ide saya guna memperbaiki iklim usaha di Tanah Air,” ujar pria kelahiran Februari 1978 ini.

Dia juga menambahkan, saat ini sudah banyak kaum muda yang dulu antipati terhadap politik kini sudah mau memberikan suaranya dan terjun langsung di ajang politik. Sudah saatnya tongkat estafet diserahkan kepada generasi muda,” tukasnya. Iqbal memang memulai bisnisnya dari nol. Karena itulah dia paham benar kendala apa yang dihadapi para pengusaha pemula untuk mengembangkan bisnisnya.

“Saya berbisnis dari nol, dan saya mengalami sangat sulit untuk bisa naik level karena terbentur banyak hal, seperti minimnya mentor bagi para pengusaha pemula. Untuk itu menurut saya, perlu ada upaya serentak supaya bisa meningkatkan ekonomi negara ini lewat regulasi yang berpihak pada pengusaha, misalnya dengan kemudahan permodalan dan pengawasan yang ketat,” papar pria yang mengidolakan Jusuf Kalla dan Chairul Tanjung ini.

Iqbal juga menambahkan, banyaknya ritel-ritel yang bermunculan sudah selayaknya dapat memudahkan pengusaha untuk menjual produknya pada masyarakat. Para pengusaha juga perlu meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan untuk meningkatkan daya saing, terlebih sudah ada standarisasi produk seperti SNI dan ISO sebagai quality control. “Saya bersyukur memulai usaha dari nol hingga bisa seperti saat ini. Dan saya berharap orang-orang di daerah juga bisa mendapat kesempatan yang sama dalam mengembangkan usahanya,” tutup Iqbal. (AGS)


Nama: Iqbal Farabi

Profesi: Presiden Direktur PT Benang Komunika Infotama (BComm)

Komisaris Utama PT Inti Utama Gemilang

Twitter: @iqbal_farabi

Top