NAVIGATION

Faktor Beli

Faktor Beli

6180719_m

Refresh tentang 4 Faktor: Promo, klik, kontak, dan akhirnya beli. Apa yang membuat calon pelanggan (CP) menjadi pelanggan?

Perlu diingat, bahwa faktor beli adalah proses yang terjadi setelah CP melakukan kontak terhadap Anda (penjual), via sms, pesan, Blackberry, telepon dan kemudian memutuskan untuk Beli, Tunda, atau Tidak. Berikut adalah faktor-faktor penyebabnya:

1. Kenyamanan pelayanan

Kata-kata dan intonasi yang ramah saat Anda menjawab kontak sangat mempengaruhi persentase faktor beli. Saya pernah iseng melakukan kontak terhadap member Yukbisnis, yang mungkin ia tak mengenal saya. Ehh juteknya amit-amit.. Pertanyaannya, “Kenapa saya harus beli ke Anda..? Toh masih bisa ke tempat lain yang lebih ramah koq..!”. Ingat: Jutek itu pilihan, bukan sekadar bawaan!

2. Kemudahan pembelian

Bukan sekadar kemudahan bagi penjual yang diutamakan. Makin sedikit hambatan ataukesulitan untuk bertransaksi, makin tinggi faktor beli. Sistem pembayaran, pengiriman, barang bisa ditukar, juga menjadi kemudahan yang memperbesar faktor beli.

3. Barang yang unik dan dibutuhkan

Bukan sekadar barang yang bisa dijumpai di swalayan atau mal sekitar rumah. Misal, Anda menjual tas seken artis, yang sangat langka di Indonesia, tentu besar faktor belinya. Barang-barang bermerek dengan harga miring, juga menjadi sasaran berburu via online.

4. Diskon terbatas waktu

Justru bukan diskon tiap hari yaa. Karena akan menimbulkan penundaan pembelian. Saya suka mengamati bagaimana bermerek besar melakukan promo yang ada-ada saja, yang membuat kita tergoda dan seolah harus beli saat itu juga.

5. Ketersediaan Barang

Malas juga kalau harus menunggu lama, kecuali memang gak bisa didapat di tempat lain. Contohnya: jika yang lain pakai Pre-Order, Anda harus bisa Now-Order..!

6. Kredibilitas

Murah bukan segalanya, jika tak dijamin kualitas barang, kecepatan pengantaran dan servisnya. Pembelian online rawan penipuan, makanya tak mudah membangun kepercayaan. Di Kaskus ada namanya “cendol”, di Yukbisnis ada namanya “TRUST”, bangunlah itu. Apalagi jika ada penjamin seperti pembayaran yang ditunda oleh pengelola, sebelum transaksi clear, seperti YubiPay. Aman deh..

Tentu saja faktor beli bukanlah ujung dari bisnis kita. Masih ada faktor lainnya yang harus ditingkatkan setelah faktor beli, yaitu faktor beli-lagi dan faktor beli-lebih.

(Jaya Setiabudi | Founder Young Entrepreneur Academy & YukBisnis.com | @JayaYEA)

 

(Majalah Market+ Edisi 50)

Top