NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Belanja Online yang Nyaman

shopping

Apa rambu-rambu berbelanja online yang nyaman?

Berbelanja online memang punya keuntungan tersendiri. Yang pertama adalah praktis.  Untuk ibu rumah tangga, buat mereka tidak perlu ke luar rumah “hanya” untuk berbelanja. Begitu juga dengan yang bekerja, yang juga sulit untuk mencuri waktu untuk jalan-jalan ke mal.

Selanjutnya, sejalan dengan makin banyak orang yang berbelanja online, maka makin banyak juga jenis penjual yang menggunakan media ini. Mulai dari makanan, pakaian, kebutuhan bayi dan anak-anak. Makin Harga pun sebenarnya sudah cukup bersaing, bahkan untuk beberapa barang tertentu, kita bisa mendapatkan harga lebih murah dibandingkan jika membeli ke toko secara langsung.

Namun demikian, perlu dipertimbangkan beberapa hal juga dalam berbelanja online. Pertama, tidak semua penjual dapat dipercaya. Karena pada dasarnya pembeli tidak pernah bertemu langsung dengan penjual, dan juga barang tidak pernah dilihat secara kasat mata. Selalu ada risiko bahwa penjual tersebut menipu dengan menjual produk yang tidak ada. Risiko terbesar memang ada pada pembeli, karena transaksi pada umumnya adalah pembeli harus membayar uang terlebih dahulu kepada penjual, kemudian barang yang pembeli pesan dikirimkan.

Kekurangan berikutnya adalah adanya unsur risiko barang tersebut tidak terpakai, terutama jika berhubungan dengan pakaian. Karena memang ini adalah transaksi virtual, maka tidak mungkin kita sebagai pembeli untuk mencoba dahulu dan memastikan ukuran pakaian yang dibeli ini sesuai. Risikonya, barang tersebut tidak bisa dipakai, dan tentunya uang yang dikeluarkan menjadi percuma.

Berikutnya, karena transaksi online shopping ini relatif mudah dan praktis, ada kemungkinan kita menjadi kalap berbelanja, atau needs vs wants menjadi tidak seimbang. Pengaruhnya tentunya pada keuangan kita.  Biasanya, kita lebih sering berbelanja untuk pengeluaran pribadi dibandingkan untuk pengeluaran rutin.

Jadi, online shopping tidak reccomended?  Salah sama sekali. Asalkan mengetahui aturannya.

–          Berbelanja di toko online yang reliable, sehingga kita tidak akan membayar sesuatu yang tidak sesuai dengan yang didapatkan, atau parahnya barang yang dibeli sebenarnya tidak ada. Pastikan toko online tersebut memang dapat dipercaya, dengan sering membaca review di website/majalah/koran yang memang memiliki reputasi baik, sehingga risiko  dibohongi bisa diminimalisasi.

–           Memiliki akun terpisah khusus untuk berbelanja online. Transaksi berbelanja online biasanya banyak menggunakan jasa transfer antar rekening bank. Jika mempunyai rekening khusus, maka kita dapat melakukan kontrol untuk berbelanja. Begitu dana di rekening tersebut habis, maka segera berhenti berbelanja.

 

Reliza Kodri, CFP | @relizakodri

PT. Quantum Magna

www.qmfinancial.com

e-mail: info@qmfinancial.com

(image source: http://www.invodo.com)

Top