NAVIGATION

Pentingnya Bermain Bagi Perkembangan Anak

Pentingnya Bermain Bagi Perkembangan Anak

Husnul Chatimah dan Vera Itabiliana Hadiwidjojo pada sesi 'PlayLab Goes to School' di Sekolah Cikal Cilandak (JKT 24.02)

Fisher-Price dan Sekolah Cikal Cilandak mengadakan parenting session bertajuk “Playlab Goes To School” bagi para orangtua siswa bersama psikolog anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo. Acara tersebut membahas tentang pentingnya bermain bersama orangtua dan mainan sesuai usia untuk mengasah tumbuh kembang anak sesuai tonggak tahapan perkembangan anak di 500 hari pertama yang merupakan masa terbaik untuk anak belajar.

Menurut Vera Itabiliana, psikolog perkembangan anak Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, periode emas atau 500 hari pertama merupakan masa dimana proses belajar anak berlangsung paling cepat. “Anak belajar dan menyerap banyak hal dari lingkungan sekitarnya serta mengembangkan kemampuan sesuai tahapan usianya melalui aktivitas kesehariannya, yakni bermain,” ujar Vera.

Dia juga menambahkan, selain menyenangkan, manfaat bermain bagi anak sangatlah luas. Lewat bermain, anak dapat menerima stimulasi yang berguna untuk mengembangkan kemampuan yang diperlukannya di masa dewasanya kelak. Melalui bermain bersama anak, orangtua juga berkesempatan untuk mempererat hubungan dengan anak serta meningkatkan kualitas bermain dengan cara memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan usia anak.

“Orangtua juga dapat memantau perkembangan Play IQ anak dan memastikan anak-anak tidak melewatkan kesempatan untuk memenuhi tugas perkembangan sesuai tahapan usia anak,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Cikal Cilandak, Husnul Chatimah. Menurutnya, bermain sambil belajar merupakan kegiatan utama dari pendidikan usia dini. Melalui bermain, mereka mempelajari banyak hal, mengasah kemampuan fisik, kognitif, sosial, dan emosional, serta menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga.

“Sebagai pendidik, kami membantu orangtua dengan memberikan stimulasi terarah dan pendampingan, serta memantau perkembangan sesuai tonggak tahapan perkembangan anak. Konsep Play-based Learning dari PLaylab Goes to School yang diusung Fisher Price ini sejalan dengan yang kami lakukan,” tutup Husnul. (*/Ags)

Top