NAVIGATION

Konsistensi Isuzu Perkuat Jaringan Di 2014

Konsistensi Isuzu Perkuat Jaringan Di 2014

isuzu

Berbagai strategi diterapkan oleh produsen mobil di Tanah Air guna meraih pasar yang maksimal. Di tahun 2014 ini, produsen mobil komersial yang terkenal sebagai rajanya diesel, Isuzu, memaparkan kepada awak media mengenai bagaimana melewati 2013 dan proyeksinya ditahun 2014 ini.

Menurut Edy J Oekasah, GM Marketing Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), ada beberapa strategi yang selama ini diterapkan untuk menghadapi segmen komersial di pasar Indonesia yang terbilang unik ini.

Strategi yang sudah pasti dan menjadi kekuatan brand otomotif asal Jepang ini adalah layanan purna jual atau after sales service, dan juga ketersedian spare part. PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) tahun 2013 lalu, telah memperluas jaringannya di Indonesia dengan menambah dealer baru. Tercatat sepanjang tahu lalu Isuzu meresmikan 103 outlet yang terdiri dari 14 outlet baru dan 7 outlet relokasi.

Untuk jumlah Part Shop Isuzu kini telah mencapai 2.057 titik yang tersebar di 326 kota di seluruh Indonesia. Bahkan, guna mendukung kelancaran bisnis para pelanggannya yang membutuhkan layanan di tempat, IAMI juga menambah armada Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) sebanyak 20 buah, sehingga di akhir tahun 2013 sudah ada 120 armada BIB. Tak hanya itu, Isuzu juga menambah tenaga mekaniknya dengan menjalankan Isuzu Technician School secara berkesinambungan pada setiap semesternya.

Direktur Marketing Light Commercial Vehicle IAMI, Supranoto menuturkan, penggantian komponen yang rusak merupakan hal yang wajar, namun bagi konsumen yang penting adalah seberapa cepat para mekanik bisa memperbaiki dan bagaimana ketersediaan suku cadangnya. Dan Isuzu berani menjamin paling lama 24 jam atau gratis jika lebih dari itu untuk ketersediaan suku cadang. “Bukan gratis yang dicari oleh konsumen, tapi lebih pada kepastian dan jaminan kalau barang sampai dengan waktu yang tepat dan sesingkat-singkatnya,” tukas Supranoto.

Soal rencana peluncuran produk baru di tahun 2014 ini, IAMI mengungkapkan bahwa pihaknya akan meluncurkan 9 kendaraan baru tahun ini, masing-masing empat produk pada semester pertama, dan lima lagi di semester kedua. (*/Ags)

Top