NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Habis Bagi Angpau, Jangan Sampai Anda Habis-Habisan..

Habis Bagi Angpau, Jangan Sampai Anda Habis-Habisan..

Ilustration

Ilustration
Ilustration

Q : Saya merayakan Imlek, euphoria Imlek sangat dinanti-nanti. Tapi di satu sisi, saya selalu deg-degan karena pasti setiap selesai Imlek, kondisi keuangan langsung tak menentu.

A : Semua orang pasti akan terhanyut dengan euphoria hari raya uuntuk bersenang-senang.  Tapi sebaiknya karena kita tahu bahwa kita akan merayakan hari raya ini pasti setahun sekali. Dan Imlek selalu jatuh di bulan Februari setiap tahunnya. Maka kita bisa membuat anggaran untuk merayakannya. Buat list pengeluaran yang biasa terjadi pada saat kita merayakan Imlek. Jangan sok bingung dengan jenis pengeluarannya, karena sebetulnya ini adalah hari raya yang sudah kita rayakan dari dulu, sudah bertahun-tahun, sehingga kita bisa mengetahui dengan baik pola pengeluaran yang terjadi. Sesederhana menuliskan perkiraan pengeluaran yang biasa terjadi saat perayaan Imlek di kertas / buku / handphone Anda.

Contoh pengeluaran saat perayaan Imlek beserta perkiraan biayanya adalah sbb :

No Pengeluaran Jumlah Total
1. Bagi angpau untuk sanak saudara @Rp 50.000 x 30 org Rp 1.500.000
2. Beli kue-kue   Rp     700.000
3. Beli hiasan untuk dekorasi rumah   Rp     500.000
4. Donasi/sumbangan ibadah   Rp  1.000.000
5. Lain-lain   Rp  1.300.000
    TOTAL Rp  5.000.000

Setelah kita membuat list pengeluaran di atas, maka akan terbayang dengan jelas, perkiraan biaya yang harus disiapkan. Apabila penghasilan bulanan dapat menutupi biaya tersebut maka: aman.

Tapi apa jadinya apabila ternyata penghasilan bulanan Anda jauh lebih kecil daripada pengeluaran Imlek, misalnya hanya Rp2juta per bulan.  Berikut adalah tips & triknya :

  1. Alokasikan dana jauh-jauh hari
  2. Gunakan konsep ini : penghasilan bulanan untuk pengeluaran bulanan, penghasilan tahunan untuk pengeluaran tahunan
  3. Pengeluaran untuk hari raya Imlek ini adalah pengeluaran tahunan
  4. Saat Anda mendapatkan penghasilan tahunan (THR, bonus,dll) segera sisihkan untuk pengeluaran tahunan, salah satunya adalah untuk hari raya Imlek ini.
  5. Untuk Anda yang tidak memiliki penghasilan tahunan, maka Anda harus mencicil dari penghasilan bulanan untuk menutupi pengeluaran tahunan tersebut. Misal : dana yang dibutuhkan adalah Rp5juta, disiapkan  satu tahun sebelumnya, maka per bulan harus mencicil Rp416.667
  6. Agar uang ini aman dan tidak disabotase oleh kita sendiri untuk tujuan lain, simpan terpisah dalam rekening khusus =Tabungan Tahunan

(Fitri Noeriman, CFP, Independent Financial Planner at PT. Quantum Magna)

(Majalah Market+ Edisi Februari 2014)

Top