NAVIGATION

Tahun Baru, Tahun Bimbingan

Tahun Baru, Tahun Bimbingan

Ilustrasi

Ilustrasi
Ilustrasi

Tahun baru bisa dilihat sebagai kesempatan baru, langkah baru dan semangat resolusi baru. Hal ini mari kita terapkan dalam pengasuhan anak-anak kita.

Penelitian yang dilakukan penulis bersama rekan menemukan bahwa para atlet nasional Indonesia yang berhasil hingga taraf internasional pada awal karier mereka ternyata selalu didampingi dukungan dan  peran orangtua. Mereka tidak serta merta menjadi atlet yang berhasil, melainkan orangtua mereka  lebih dulu mencetaknya kemudian dilanjutkan dengan bimbingan pelatih profesional.

Seorang ahli menyatakan bahwa bimbingan orangtua adalah bagian dari pengasuhan kepada seorang anak yang dilakukan orangtua selain pemberian kasih sayang dan penerapan aturan-aturan sosial  atau keluarga (kontrol). Bimbingan kepada anak merupakan bagian dari usaha orangtua untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak.

Para orangtua yang menginginkan anaknya berprestasi dalam bidang yang memang dirasa orangtua dapat dikuasai anak sesungguhnya perlu memasukan pembimbingan dalam pengasuhan mereka. Caranya meliputi memilihkan tempat pengembangan anak yang terbaik, memotivasi anak untuk terus berlatih di bidang yang dipilih, berkompetisi, menyertai anak di saat-saat pentingnya. Terutama, menyediakan sarana dan prasarana anak.

Dalam pembimbingan anak hendaknya terus tiada terputus. Pembimbingan tidak berarti anak begitu saja diserahkan pelatih profesional. Justru orangtua dan pelatih anak adalah partner sehingga bisa saling mendukung.

Kapankah pembimbingan diberikan? Sedini mungkin sebelum anak memasuki masa remajanya. Sebelum seluruh anggota motorik mereka berkembang sempurna dan kemampuan kognitif mereka  setara  orang dewasa justru disitu adalah titik awal usaha pembimbingan.

Pada individu-individu sukses di bidang-bidang tertentu, seperti musik, tari dan olahraga kemampuan mereka diasah sejak usia dini, bahkan saat balita. Pengalaman-pengalaman berhasil itu menjadikan kita tahu bahwa masa anak memang adalah masa penting. Mari jadikan tahun baru ini sebagai tahun bimbingan bagi anak kita. Selamat tahun baru!

(Tia Rahmania, M.Psi. | @tiarahmania ; Pengajar di Prodi Psikologi, Universitas Paramadina dan praktik di Kancil, Jakarta)

 

(Majalah Market+ Edisi 50)

Top