Menolong Orang Lain Bikin Sehat

Menolong Orang Lain Bikin Sehat

0 39
Ilustrasi (Dok. Ist)
Ilustrasi (Dok. Ist)

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Universitas Buffalo di Amerika Serikat (AS), ternyata seseorang yang sering menolong orang lain atau bersedekah terlihat lebih sehat dan dipercaya dapat memperpanjang umur.

Dilansir dari Newyorktimes, Kamis (7/1) Michael Poulin, asisten profesor di University Bufallo, New Jersey, yang juga salah satu peneliti mengatakan bahwa memberikan bantuan pada orang lain bisa bermanfaat untuk kesehatan sekaligus mengurangi stres yang dirasa.

“Hal ini berhubungan dengan tingkatan stres seseorang. Ketika seseorang berhadapan dengan situasi stres, mereka yang sering membantu orang lain lebih rendah mengalami gangguan kesehatan,” jelas Poulin.

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan oleh empat orang peneliti dari 3 universitas berbeda di AS selama 5 tahun juga menunjukkan bahwa, berbuat baik atau membantu orang lain juga bisa membuat orang memiliki usia lebih panjang.

“Menolong orang lain memberikan efek yang sama seperti ketika memakai drugs. Berderma akan memberikan efek bahagia dalam diri mereka, dengan begitu mereka tampak lebih sehat dan dapat memperpanjang umu,” ungap peneliti dari Greater Good Science Center, California.

Sifat dermawan juga membantu seseorang tiga kali lebih bahagia. Bahkan, sifat ini dapat mengurangi depresi dan menurunkan risiko bunuh diri pada remaja. Lalu, hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa membantu orang lain merupakan suatu perilaku yang bukan sia-sia.

Nah, terbukti bukan ternyata memberi itu lebih baik daripada menerima! (AP)

NO COMMENTS

Leave a Reply