Menata Diri Mencegah Demensia

Menata Diri Mencegah Demensia

0 10

 


Waspadalah terhadap penyakit demensia (kepikunan).  Gaya hidup yang  tidak sehat menyisakan gangguan bagi kemampuan otak. Menurunnya kemampuan memori (ingatan) dan intelektual  di usia produktif tentu tidak diinginkan terjadi pada diri Anda.

Demensia dapat diartikan sebagai gangguan kognitif dan memori yang dapat mempengaruhi aktivitas sehari –hari.  Penderita demensia seringkali menunjukkan beberapa gangguan dan perubahan pada tingkah laku harian (behavioural symptom) yang menggganggu (disruptive) maupun yang tidak mengganggu (non disruptive)

Kemampuan analisis penderita menjadi tumpul.  Secara umum, , kasus demensia di Indonesia mulai terjadi pada usia 45 tahun, meski terdapat kasus pada usia sekitar 30 tahun. Diketahui  bahwa seseorang sudah tidak bisa berpikir dan bahkan terkadang sudah tidak menyadari  keberadaan dirinya.

Gejala awal adalah lupa akan peristiwa yang baru terjadi. Bisa juga bermula sebagai depresi, ketakutan, kecemasan, penurunan emosi atau perubahan kepribadian lainnya.  Perubahan ringan  terjadi dalam pola berbicara. Penderita menggunakan kata-kata yang lebih sederhana, menggunakan kata-kata yang tidak tepat, atau tidak mampu menemukan kata-kata yang tepat. Ketidakmampuan mengartikan tanda-tanda bisa menimbulkan kesulitan dalam mengemudikan kendaraan. Akhirnya, penderita tidak dapat menjalankan fungsi sosialnya.

Langkah mencegah demensia diantaranya

1. Tidur yang cukup, karena tidur dapat menurunkan hormone stress, yang akan merelaksasi seluruh tubuh, dan memori otak dirapikan kembali
2. Makan buah dan sayur berwarna, dimana antioksidan  yang banyak terdapat didalamnya dapat mencegah kerusakan sel

3. Tidak melakukan pekerjaan bersamaan dalam satu waktu. Kehilangan fokus kerja, dan tidak menaruh perhatian pada sesuatu membuat  orang cepat  lupa. Seiring bertambahnya usia, waktu yang dibutuhkan untuk menerima pesan hingga memprosesnya sedikit bertambah lama, sehingga untuk menerima beberapa input sekaligus semakin sulit.

4. Upayakan melatih otak Anda untuk diisi dengan kegiatan penguatan memori, seperti membaca dan update berita terkini (berbagai sumber)

NO COMMENTS

Leave a Reply