Apakah Gaya Menjual Anda Sudah Efektif ?

Apakah Gaya Menjual Anda Sudah Efektif ?

0 12

Mutia Prihatini (WBC Business Coach)

Dear pemilik bisnis.

Ingat, aktivitas menjual merupakan profitable business. Sehingga, perlu diperhatikan tingkat daya jual dan kemampuan penjual. Berikut lima gaya menjual yang perlu dipahami:

Gaya Tunggu Order

Penjual yang bergaya seperti ini biasanya tampil pasif. Dia hanya menunggu pertanyaan atau permintaan dari prospek tanpa menawarkan sesuatu secara aktif.

Gaya Bernafsu

Penjual yang sangat aktif. Tanpa ditanya, tanpa diminta, ia akan menawarkan apa saja yang perlu ia jual kepada prospek. Seringkali bisa membuat prospek hilang minat karena diserbu oleh berbagai tawaran penjual tanpa memperhatikan kondisi.

Gaya Seribu Janji

Penjual yang menjanjikan banyak hal. Berbahaya jika janji tak terpenuhi dan mengundang kecewa.

Gaya Cari Simpati

Cara mencari simpati beragam. Mungkin penjual akan menyatakan hal-hal seperti ini “Saya masih belum mencapai target saya, tolonglah bapak, ibu membeli produk saya.” Mungkin penjualan pertama akan berhasil, tetapi sampai kapan ia akan tampil dengan gaya seperti ini ?

 Gaya Penjual Profesional

Penjual yang mampu membuat prospek merasakan bahwa penjual tersebut sangat memperhatikan kebutuhan, keinginan dan kepentingannya. Pada saat prospek menjadi pembeli, ia merasa bahwa sang penjual sangat membantu dirinya untuk memperoleh barang atau jasa yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya.

Apabila Anda – sebagai pemilik bisnis – setuju untuk mengembangkan gaya Penjual Profesional bagi Anda dan team penjual Anda, maka Anda perlu memiliki keyakinan bahwa aktivitas menjual itu adalah…

 “ Kegiatan yang secara profesional membantu orang lain untuk membeli”.

Ingat, bagi pembeli, kesenangan dalam membeli akan bertambah jika ia merasa terbantu membeli sesuatu yang disukai, dibutuhkan, secara mudah dan nyaman.

Dengan demikian, dapat disimpulkan, seseorang membeli sesuatu lebih karena keadaan emosinya, ketimbang nalar atau logikanya.

 Lalu, bagaimana dengan gaya menjual Anda dan team Anda yang saat ini bisnis Anda terapkan ? Pertimbangkanlah.

————————-

Bila Anda ingin berdiskusi sekaligus memperoleh masukan mengenai bisnis yang Anda jalani saat ini, silahkan hubungi WBC Business Coach di (021) 7691453 untuk membuat janji dengan salah satu coach kami untuk 1 sesi Free Coaching. Atau kunjungi www.wbcsolution.com dan ikuti tweet kami di @funtasticlife.

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply