Enda Nasution : Mewarnai Bisnis Sosial Media

Enda Nasution : Mewarnai Bisnis Sosial Media

0 25

Pembawaannya menghadirkan rasa akrab, itulah impresi pertama bertemu Enda Nasution, yang dikenal sebagai The Father Indonesian Bloggers. Begitupula dalam dunia virtual, sebagai managing director, ia berhasil mengakrabkan 24 situs komunitas dalam salingsilang.com.

Enda Nasution menilai, bisnis yang ditekuninya merupakan pertemuan antara kemampuan diri dan timing (waktu) yang tepat. Saat masih di kampus, mantan aktivis mahasiswa ini pertama kali mencicipi dan mendapatkan berbagai informasi melalui Internet. Kini, dunia virtual telah menjadi primadona. Enda merasakan, inilah waktu yang tepat untuk berbisnis di media sosial.

Di awal 2000an, untuk lebih mensosialisasikan blog di Indonesia, Enda menulis tentang panduan blog untuk pemula dengan judul ‘Apa itu Blog’. Posting ini, memperoleh tanggapan positif dan banyak yang merasa terbantu. Pada perjalanannya satu posting di blog tersebut menjadi referensi banyak orang, bahkan juga dikutip di media massa.

Alumni Teknik Sipil ITB ini, mengawali karir sebagai copywriter di Ogivily & Mather Jakarta hingga 2002. Kemudian ia mendampingi istri tercinta, Nita Yuanita yang melanjutkan kuliah di Bangkok, Thailand. Disana, ia bekerja sebagai e-marketing manager di salah satu situs industry travel.

Dasar akademik teknik yang dimilikinya, memudahkan dirinya memahami teknologi informasi. Dan sedari kecil ia sudah memiliki ketertarikan pada tulis-menulis dan dunia media. “Saat sekolah dasar, saya sudah tertarik di bidang media. Saya menggunting dan mengumpulkan potongan gambar koran, menempelkan di buku, dan jadi ‘majalah’ baru,” kenangnya sambil tersenyum.

Menurut data, pengguna blog di Indonesia pada 2007 jumlahnya sekitar 250.000 dan tahun ini diperkirakan mencapai 5,3 juta blog. Perkembangan blog menjadi arti tersendiri bagi ayah Gala Nasution ini, terlebih ketika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blog Nasional di Pesta Blogger pertama di tahun 2007.

Pada 2008, Didi Nugrahadi, salah satu pendiri detik.com mengajaknya bergabung di Komunitas Langsat. Pada saat itu, Enda tengah bekerja di perusahaan yang memberikan penghasilan yang menjanjikan. Sementara, Komunitas Langsat terbilang baru. Tanpa berlama-lama, dengan mengikuti kata hatinya, Enda pun memutuskan bergabung dan menjadi entrepreneur di media sosial. “Saya tidak ragu, karena kesempatan memiliki perusahaan sendiri jarang didapat banyak orang. Saya  memperoleh kesempatan tersebut, maka siap menjalaninya,” ujarnya mantap.

Enda melihat, peluang di dalam bisnis ini sangat menjanjikan. Hal itu terbukti, dengan bermunculan agensi iklan meminta konsultasi bagaimana berkomunikasi di media virtual. Langsat pun mendirikan perusahaan khusus yang membantu komunikasi klien di media social dengan klien yang terus bertambah dengan berbagai tuntutannya.

Karena data yang ada di Indonesia belum sepenuhnya lengkap, justru kekurangan tersebut mengantarkannya pada gagasan baru dengan mendirikan salingsilang.com pada 2011. Sebuah web startup dengan misi menata dan merapikan data, sambil mengusung pembicaraan dan pemahaman di sosial media. Kini sudah ada 24 situs komunitas yang bergabung di dalamnya,
mulai dari Akademi Berbagi, Indonesia Berkebun, Politikana, dan lain sebagainya.

Menurutnya, dengan menulis di blog membantu menemukan kembali diri kita. Tulisan di blog biasanya merupakan self expression dan self experience yang tersimpan. Kita bisa membuka memori yang telah lalu. Bisa jadi kita akan termotivasi kembali ketika mengalami kesedihan atau kebahagiaan setelah membacanya. Enda pun merasakan kebahagiaan tersendiri, karena tulisan yang diangkatnya mampu menggugah inspirasi. “Dengan menulis di blog, kita dilatih untuk berani dan jujur dengan diri sendiri, “ tuturnya.

Enda mengajak mengimajinasikan, bagaimana ikatan yang terjalin di media sosial bisa membangun masyarakat bersama. Sebagaimana salingsilang.com yang membantu memberikan ruang kepada komunitas, korporasi, maupun pemerintah. “Dulu terbatas, kini mari kita merayakan konektivitas,” pungkasnya. (ANA)

 

NO COMMENTS

Leave a Reply