Empat Desainer Indonesia dalam IFW 2012

Empat Desainer Indonesia dalam IFW 2012

0 3


Jakarta, Market Plus – Indonesia Fashion Week 2012 menghadirkan deretan desainer yang menginspirasi dalam sebuah fashion show bertajuk International Flair. ke empat desainer itu, Ardistia Dwiasri, Mardina Ika, Ali Charisma dan Carmanita berbagi panggung di Plenarry Hall Jakarta Convention Centre.

Ardistia Dwiasri yang dikenal dengan labelnya Ardistia New York merupakan salah seorang desainer muda Indonesia yang telah dikenal di Amerika.  Pada fashion show kali ini, Ardistia menghadirkan lanjutan koleksi spring / summer Collection 2012 – 13 dengan tema Contour Fluidity.

Terinspirasi dari konsep furniture karya Carlo Mollino, Ardistia mengambil aksen geometris dari karya tersebut kedalam koleksi. Konstruksi  yang detail dan material yang prima (sutera, crepe, dan stretch tekno) menjadi kekuatan busana yang ditampilkan.

Teknik potongan geometris dengan sentuhan romantis nan playful menghasilkan look yang artistik namun fungsional sehingga menjadikan busana tersebut everlasting. Jaket ringan yang melambai, body- wrap blouse, blazer potongan androgyny dengan multi kerah, rok berstruktur dan jumpsuit dress tampil dengan warna – warna light tan, burn orange, peachy blush, dark fuchisia, hitam krom hingga creamy vanilla.

Desainer kedua, Mardiana Ika yang mengeluarkan koleksi Ika Butoni- 2012 fall winter Collection ; beauty and the beast, menampilkan dua pesona yang berbeda, melebur menjadi satu yaitu beauty yang berasosiasi pada elegansi berkelas penuh karisma dan beast yang kasar, buas dan jahat.
Melalui koleksinya Ika ingin kita melihat lebih dalam dari apa yang terlihat di permukaan; melihat kecantikan dibalik kebuasan – the beauty in the Beast. Padanan rok dan Jaket yang berani dan beraksentuasi menggambarkan pengaruh alam yang liar, sementara desainya meng – highlight dengan paduan hitam dalam bentuk dress.

Sementara Carmanita yang konstan mengolah batik mengusung tema Cross Culture, sesuai namanya, Carmanita menggabungkan kekayaan budaya Indonesia, India, dan Jepang. Tekstil batik bercampur dengan sari hingga shirobi.  Koleksi ini menggambarkan perkembangan momen dari buah pikiran Carmanita.

Desainer terakhir yang ikut berpartisipasi dalam show ini adalah Ali Charisma, di Indonesia Fashion Week 2012 Ali menampilkan tema Longing for Greece yang terinspirasi dari wanita modern yang menampilkan mitologi Yunani kuno. Pada masa itu, wanita tampil elegan namun licik dan berbahaya layaknya ular.

Koleksi memiliki struktur arsitektur Yunani kuno dicampur dengan elegansi seorang dewi sehingga menampilkan paduan historis yang kuat antara lama dan baru.  Siluetnya menggali pengaruh estetis pada masa itu.

(Far)

NO COMMENTS

Leave a Reply