Tren Interior 2012: Klasik

20/01/2012 2:05 pm0 commentsViews:

Royal-Suite-Bedroom

Selamat Tahun Baru! Seiring pergantian tahun, bukan hanya fashion yang berganti gaya, interior pun berubah mengikuti tren dunia. Dari pameran furniture yang digelar di penghujung tahun 2011 di beberapa negara Eropa, ada benang merah yang sangat kuat untuk dijadikan acuan sebagai Tren Interior di tahun 2012, yaitu Klasik.

Desain interior bergaya klasik kerap menyampaikan nuansa keanggunan dan kecantikan. Konsep desain ini bersifat magis dengan perpaduan warna tenang, aksesoris yang klasik dan perabotan antik atau bahkan kontemporer atau ekletik.

Salah satu elemen umum adalah gaya Chippendale. Furniture berbahan mahoni dengan ukiran yang rumit dan varnishing ini dapat menjadi elemen ruang tamu Anda yang menarik. Pilihan lain mungkin adalah gaya Queen Anne, perabotan berlapis dengan aksen sederhana yang anggun dan ornamen lengkung. Perbedaan yang ditandai, bahwa Chippendales ebih rumit karena penekanannya lebih pada ukiran. Namun keduanya sangat menyenangkan mata. Berikut konsep dasar lain dari ide desain interior bergaya klasik:

Kain

Ini mungkin salah satu elemen paling penting dari gagasan desain interior bergaya klasik, karena menunjukkan desain yang rumit seperti pola bunga, garis-garis, bermotif dan sebagainya. Pastikan Anda menggunakan kain bertekstur datar, seperti beludru, dan menghindari yang mengkilap

Aksesori

Untuk mencapai nuansa klasik, pastikan bahwa menggunakan aksesoris yang halus. Aksesori elegan seperti vas Cina, dekorasi porselen, cermin, frame yang rumit, dan sejenisnya sering menjadi ciri yang terlihat klasik. Ketika menata aksesori pada ruangan, pastikan Anda memberikan keseimbangan yang tepat, sehingga tidak menimbulkan efek berat sebelah.

Warna

Jangan gunakan warna-warna cerah dan terlalu jenuh jika Anda menginginkan orang melihat ide desain interior Anda tetap bergaya klasik. Desain klasik sifatnya bergerak di area tengah pada spektrum warna. Oleh karena itu sebisa mungkin, gunakan warna menenangkan yang melengkapi satu sama lain. Transisi warna harus nyaman untuk mata.

Simetri

Karena ini bukan konsep desain interior modern, interior Anda harus bebas dari abstraksi untuk mempertahankan kehalusan dan keanggunan. Meski tidak perlu simetris yg identik, banyak aksesoris dan perabot dipilih berdasarkan preferensi pribadi. Kelebihan dari desain klasik adalah pernyataan rasa sentuhan pribadi Anda pada rumah.

Ren Katili / Binus Architecture Lecturer

January 2012
S M T W T F S
« Dec   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031