Enam Tahap Membangun Kesuksesan Bisnis

Enam Tahap Membangun Kesuksesan Bisnis

0 7

Awal tahun, mari kita perluas perspektif untuk mengembangkan semua aspek bisnis yang dimiliki secara menyeluruh. Bisnis sukses bersandar pada Profitabilitas dan Sustainability, yang dapat dilakukan dengan enam tahap.

C = Clarity

Cari kejelasan bagi arah bisnis, berangkat dari passion bisnis Anda. Sekarang saatnya lebih mengenal diri sebagai ”leader” di bisnis Anda sendiri. Passion akan membawa ke visi bisnis yang lebih jelas dan terarah, yang mencerminkan visi personal Anda. Buat  target bisnis Anda baik  jangka pendek maupun menengah. Selanjutnya, Anda dapat mengajak team bersama-sama mengarah ke sasaran yang Anda inginkan.

O = Organisation

Organisasikan sumber daya, mula-mula identifikasi jumlah prospek dan karakteristik mereka. Pertajam target market sesuai dengan produk atau service yang akan Anda tawarkan. Analisis kondisi keuangan serta profitabilitas bisnis Anda dan masukkan semua perhitungan proyeksi Anda di Business Plan yang di dalamnya terdapat strategi pencapaian.

M = Magnification

Memperbesar peluang bisnis. Target bisnis yang Anda tetapkan sebelumnya sudah harus menggambarkan pertumbuhan peluang bisnis. Anda bisa break-down semua target menjadi target dari setiap strategi bisnis Anda. Kembangkan taktik bisnis dalam jangka bulanan atau triwulanan, tetapkan person-in-charge yang bertanggung jawab atas strategi tersebut.

B = Building

Bangun keselarasan internal dalam organisasi bisnis Anda. Tetapkan budaya kerja, bangun kerjasama yang kompak, baik secara horisontal maupun vertikal. Artinya, pengembangan leadership bagi Anda serta para leader di organisasi Anda perlu menjadi perhatian Anda.

A = Application

Aplikasikan semua strategi dan sistem yang dibuat. Tetapkan Key Performance Indicator (KPI) untuk setiap posisi dan setiap anggota tim sebagai tolok ukur dari efektivitas proses kerja atau efektivitas penerapan strategi dan sistem.

T = Take Measurement

Tinjau kembali keberhasilan strategi Anda. Ukurlah pencapaian KPI untuk mengetahui investasi waktu, uang, dan orang yang Anda putuskan memang menjadi investasi yang menghasilkan atau hanya biaya. Lakukan pengukuran di seluruh fungsi manajemen Anda.

Keenam tahap di atas dapat Anda ingat dengan akronimnya yaitu : C.O.M.B.A.T, yang akan membentuk siklus dari perjalanan bisnis Anda. Jadi, sampai tahap mana Anda sudah menjalankannya?

Apakah Anda bersedia memilih perspektif COMBAT ini bagi bisnis? Semua bergantung sejauh mana Anda bersedia mengembangkan bisnis Anda.

Mutia Prihatini

Business Coach

Member of International Coach Federation

 

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply