Actions Speak Louder!

11/01/2012 11:50 am0 commentsViews:

Program CSR juga perlu dikomunikasikan kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab dan CSR yang menarik menjadi salah satu unsur yang membuat masyarakat ingin mengetahui lebih lanjut dan malah kemudian ingin berpartisipasi sehingga dampaknya bisa menjadi lebih luas. Bagaimana program CSR yang menarik dari sudut pandang PR?

  1. Unik

Berbeda dan orisinal merupakan prinsip mendasar dalam banyak bidang, agar orang tertarik pada apa yang kita kerjakan. Program CSR pun demikian. Bukan hanya sumbangan dalam bentuk dana ketika bencana alam terjadi, tetapi program CSR yang unik yang sesuai dengan nilai perusahaan.

  1. Manfaat yang jelas

Kejelasan dalam mekanisme, siapa yang menerima bantuan dan bentuk bantuan yang diberikan merupakan hal yang masyarakat perlu ketahui agar program CSR memiliki kredibilitas. Dukungan pihak dari luar perusahaan dapat menambah kredibilitas program kredibilitas, misalnya bermitra dengan NGO yang pakar dibidang CSR dan memberikan nilai tambah keahlian bagi program CSR tersebut.

  1. Memberdayakan untuk jangka panjang

Slogan “memberi kail dan bukannya ikan” rasanya patut diterapkan dalam CSR. Dari pada hanya memberi bantuan dana yang sifatnya jangka pendek, mendesain program yang memberi manfaat jangka panjang akan lebih baik.

  1. Actions speak louder

CSR yang melibatkan anggota perusahaan mulai dari pimpinan hingga karyawan akan terlihat lebih menyenangkan karena menghadirkan tindakan nyata karyawan sebagai “wajah” dari perusahaan. Karyawan pun dapat menciptakan “word of mouth” tentang kegiatan CSR yang mereka telah lakukan agar dapat manfaat tentang CSR ini dapat mendorong partisipasi masyarakat. Word of mouth didukung tindakan yang konkret tentu merupakan hal yang menyenangkan untuk semua. Tinggal kita dengan kreatif menciptakan program CSR yang bersifat jangka panjang dan didukung oleh strategi komunikasi agar CSR kita dapat memberi inspirasi bagi masyarakat.

Dian Noeh Abubakar

Praktisi Public Relations, Pengajar di Prasetiya Mulya Business School

Twitter: @dian_noeh   Blog: www.diannoeh.wordpress.com

January 2012
S M T W T F S
« Dec   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031