Binus University Raih Indonesian Quality Award (IQA) 2011

Binus University Raih Indonesian Quality Award (IQA) 2011

0 35

Kali ini Binus University berhasil meraih Indonesian Quality Award (IQA), sebuah bentuk perhargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan “Kriteria Baldrige”. Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE).

Penghargaan yang diselenggarakan oleh IQA Foundation ini diberikan dalam kegiatan Seminar Nasional dan Penganugerahan Indonesian Quality Award yang berlangsung pada 23 November 2011 lalu di Hotel Mulia, Jakarta. Dalam kegiatan ini selain menganugerahkan IQA, juga dilangsungkan seminar nasional yang bertajuk “Bertahan dan Tumbuh di Tengah Turbulensi Ekonomi Dunia Melalui Kinerja Ekselen.” Ini adalah kali pertama BINUS UNIVERSITY mengikuti IQA dan merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mendapat penilaian oleh IQA. Diharapkan dengan keikutsertaan Binus University akan mendorong perguruan tinggi lainnya di Indonesia untuk ikut serta.

Penilaian untuk IQA ini mengacu pada kriteria kinerja prima “Malcolm Baldrige Education Critera for Performance Excellence.” Kriteria ini terdiri dari tujuh kategori, yaitu Kategori Proses: leadership, strategic planning, customer focus, measurement analysis and knowledge management, workforce focus, operations focus, dan Kategori Hasil : student learning and process outcomes, customer-focused outcomes, workforce-focused outcomes, leadership and governance outcomes, budgetary financial and market outcomes. Selain itu terdapat dua faktor yang menentukan sebuah lembaga untuk mendapatkan penghargaan ini, yaitu komitmen untuk menjadi excellent dan keberlanjutannya.

“Untuk dapat menghasilkan lulusan bermutu dan mempunyai daya saing tinggi, maka perguruan tinggi harus melihat tantangan yang terjadi di tengah dinamika perkembangan dunia dan mengubahnya sebagai peluang untuk berkembang. Dalam menjawab tantangan tersebut, Binus University mengimplementasi Malcolm Baldrige Criteria untuk mendapatkan kinerja excellent universitas dalam hal leadership, strategic planning, customer focus, measurement, analysis and knowledge management, workforce focus, operational focus, dan result. Dari result akan dapatdiketahui sejauh mana Binus University telah berkembang, dan mencapai visi untuk menjadi A World Class University,” ujar Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM, Rektor BINUS UNIVERSITY.

Dalam penghargaan ini Harry Hertz, Ph.D., Director Baldrige Performance Excellence Program, NIST, USA Department of Commerce juga menggarisbawahi apakah selama ini kita sudah melakukan usaha terbaik, bagaimana cara mengetahui bahwa kita sudah melakukan yang terbaik, dan bagaimana meningkatkan apa yang sudah kita lakukan.

NO COMMENTS

Leave a Reply