Manfaat Sehat Buah Nectarine

Manfaat Sehat Buah Nectarine

0 62

Nectarine adalah salah satu jenis buah yang memiliki kekerabatan dengan peach  atau persik. Perbedaan fisik antara nectarine dengan peach adalah tidak adanya bulu-bulu halus di permukaannya. Kulit buah matangnya akan berwarna merah kekuningan, sedangkan daging buahnya berwarna kuning.

Rasanya yang manis dengan aromanya yang harum menjadikan buah ini cocok dijadikan buah penutup hidangan atau menjadi campuran berbagai salad dan olahan aneka cocktail dan minuman segar. Selain rasa yang manis tadi, nectarine mengandung banyak nutrisi penting, diantaranya:

  1. Beta-karoten memungkinkan tubuh kita untuk menghasilkan sejumlah vitamin A yang penting bagi kesehatan mata dan dapat mencegah penyakit seperti degenerasi otot. Satu cangkir nectarine segar dapat memasok 214 mcg beta-karoten.
  2. Vitamin C dalam nectarine dapat melindungi molekul tubuh agar tidak rusak oleh radikal bebas dan bahan kimia lainnya yang menyebabkan perubahan sel. Vitamin C juga dapat melindungi Anda dari racun dan polutan yang menyebabkan penyakit. Satu cangkir nektarin memiliki 7,7 mg vitamin C.
  3. Lutein adalah nutrisi yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Satu porsi 1-cangkir nektarin segar mengandung 186 mcg lutein.
  4. Nutrisi Penting Lainnya
    Satu porsi nectarine akan memberikan pasokan 2,4 g serat dan 1,5 g protein. Satu porsi nectarine juga akan memberikan 9 mg kalsium, 13 mg magnesium dan 287 mg potasium. Nectarine juga mengandung zat besi, asam folat, vitamin K, serta gula alami yang membantu memberikan energi.

Tahukah anda, terkadang, pada satu pohon peach, dapat menghasilkan buah nectarine. Hal ini terjadi saat bunga peach mengalami polinasi, maka akan dihasilkan dua jenis biji, satu jenis yang akan tumbuh menjadi pohon nektarin dan jenis yang lainnya akan tumbuh menjadi pohon peach itu sendiri.

Pengolahan:

Buah nectarine yang sudah matang bisa dimakan langsung ataupun diiris tipis sebagai  campuran salad. Rasa segar dan manisnya juga menjadi pilihan untuk digunakan sebagai topping pada wafel dan pancakes. (Ranch Market)

NO COMMENTS

Leave a Reply