Financially Free, Merdeka!

24/08/2011 4:27 pm0 commentsViews:

Financially Free, Merdeka! (foto: dok.market+)

Tahun ini, 66 tahun sudah kita merdeka, hal ini tidak lepas dari perjuangan bangsa Indonesia yang membebaskan diri dari belenggu penjajahan kolonial. Namun, apakah kita sudah merdeka secara financial sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan bangsa ini? Jangan-jangan, selama ini kita masih terjajah bukan oleh kolonial, tapi oleh keengganan kita mengelola keuangan secara bijak. Phisically free but not financially.

Nah, kita bisa memulai memerdekaan diri dari belenggu penjajahan financial ini dengan pola pengaturan keuangan yang baik, apalagi Agustus tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadhan dan diakhiri dengan Lebaran bagi umat Muslim. Bukan rahasia lagi, bila pengeluaran kita membengkak selama Ramadhan. Persiapan menu khusus berbuka puasa dan makan sahur, sedekah Ramadhan, membayar THR pekerja di rumah, membayar zakat fitrah, menyiapkan budget mudik, masak menu khas Lebaran, menyiapkan “angpao” untuk saudara, membeli baju baru, dll. Ditambah lagi, berita di TV belum lama menyiarkan bahwa harga sembako mengalami kenaikan menjelang Ramadhan. Lengkaplah sudah “perjuangan” kita memerdekakan diri secara financial di bulan penuh berkah ini.

Perlu dicatat, meski THR bisa digunakan untuk mendanai berbagai kebutuhan terkait dengan Ramadhan dan Lebaran, kita perlu menahan diri bila kondisi keuangan keluarga belum memungkinkan. Jangan terlalu memaksakan diri demi memenuhi gengsi Lebaran, apalagi jika meminjam uang kiri-kanan. Prioritaskan THR untuk menormalkan keuangan keluarga, seperti untuk membayar tagihan kartu kredit dan utang-utang lainnya. Sehingga tidak ada beban yang tersisa di kemudian harinya. Kesadaran seperti itu penting untuk mencegah munculnya situasi yang tidak diharapkan. Anda tentu tak ingin kan bulan penuh berkah seperti Ramadhan dan Lebaran membuat Anda berkubang utang? Let’s plan it better! (Eka Agustina, SE. Ak, AEPP, Independent Financial Planner)

August 2011
S M T W T F S
« Jul   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031