SBY Berikan Presidential Lecture di IYL Forum 2011

SBY Berikan Presidential Lecture di IYL Forum 2011

0 26
Presiden SBY berikan Presidential Lecture di depan ribuan peserta forum

“Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia Melalui Peran Pemimpin Muda”, adalah kalimat yang diusung pada forum ini. Selain Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang memberikan Presidential Lecture, hadir pula Menko Perekonomian, Hatta Radjasa yang memberikan paparan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Dalam acara tersebut juga diadakan forum dialog yang terbagi atas tiga kluster Ekonomi, Politik & Pertahanan, dan Sosial Budaya. Kegiatan yang merupakan hasil kerjasama dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini, didasari akan kebutuhan peranan pemimpin membawa Indonesia menjadi lebih baik.

Pada 2010, tingkat daya saing Indonesia dalam Global Competitiveness Index berada di posisi ke-44, dimana sebelumnya ada di posisi ke-54. Perubahan yang dilakukan guna menuju Indonesia menjadi negara maju yang lebih sejahtera melalui percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia di seluruh Tanah Air.

Hal ini dilakukan dengan mengembangkan koridor ekonomi di luar Pulau Jawa, memperkuat konektivitas nasional, dan mempercepat kemampuan SDM dan IPTEK Nasional. Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan perubahan mindset, reformasi birokrasi, dan perubahan lainnya. Namun syarat utama yang paling krusial adalah peran pemimpin yang mampu membawa Indonesia menuju negeri impian.

Untuk itu, seorang pemimpin muda harus memiliki visi di masa depan dalam memperbaiki daya saing dan ekonomi nasional. Kelak pemimpin muda inilah yang berkewajiban membawa Indonesia lebih baik.

HIPMI sebagai Himpunan Pengusaha Muda yang telah memiliki pengalaman dalam memimpin dan ikut andil dalam menjaga stabilitas perekonomian nasional bersama dengan Fakultas Ekonomi UI (FEUI) melalui forum ini mendorong dan memfasilitasi pemuda Indonesia di pentas internasional dan regional dalam peningkatan daya saing serta mempercepat perekonomian nasional.

NO COMMENTS

Leave a Reply