6 Kunci Membangun Sinergi Tim Kerja

6 Kunci Membangun Sinergi Tim Kerja

0 7

Pada dasarnya, kunci untuk mengembangkan kekompakan baik antara pemilik bisnis dengan timnya, serta kekompakkan di antara para pemilik bisnis adalah sama. Kuncinya adalah:

1. Strong Leadership. Setiap team membutuhkan seorang leader yang kuat. Meski pembagian saham diantara para owner merata, tetap saja perlu ada 1 orang yang mengambil peran sebagai leader. Peran leader adalah memastikan bahwa gerak langkah semua owner mengarah kepada pencapaian tujuan serta sasaran bisnis yang dibangun.

2. Common Goal. Sebagai owner sebuah bisnis, Anda semua perlu membangun visi dan sasaran bisnis yang sama serta memiliki antusiasme yang sama untuk meraihnya. Hal ini sangat perlu untuk dikomunikasikan secara terbuka, bahkan setiap orang diajak untuk mengungkapkan apa yang menjadi konsekuensi bagi dirinya bila upaya dan kinerja yang ia tampilkan tidak sesuai dengan komitmennya.

3. Rules of the Game.  Secara bersama-sama, semua owner menetapkan “rules of the game” yang jelas. Dimulai dengan menyusun kultur apa yang ingin dibangun yang berlaku bagi semua owner dan team. Berdasarkan kultur ini, akan terbangun aturan main yang lebih praktikal menyangkut hak dan kewajiban masing-masing owner.
4. Action Plan.  Tentukan pembagian tugas, wewenang serta akuntabilitas masing-masing owner dan sekaligus menyusun Action Plan yang perlu dikerjakan oleh setiap owner. Berdasarkan Action Plan tersebut maka siapapun yang menjadi leader diantara para owner berhak memonitor dan mengevaluasi kinerja yang lain. Action Plan ini juga menjadi pedoman dari strategi bisnis apa yang akan diimplementasi.

5. Support Risk Taking. Sebagai owner, apakah Anda bersedia mendukung resiko yang diambil oleh rekan lain selama alternative yang ia ambil mengarah pada pencapaian hasil? Penting bagi setiap owner untuk bersepakat untuk mendukung resiko yang diambil rekan lain serta belajar dari kesalahan agar kerjasama Anda menjadi dinamis serta progresif.

6. 100% involvement & inclusion. Sebagai owner bisnis, apapun yang terjadi, Anda perlu memiliki komitmen untuk terlibat 100% dalam bisnis ini. Termasuk disini adalah konsistensi dalam melakukan evaluasi hasil sekaligus brainstorming strategi baru guna kemajuan bisnis Anda.

NO COMMENTS

Leave a Reply