Blue Bird Group Pertahankan Service Quality Award

Blue Bird Group Pertahankan Service Quality Award

0 46

Blue Bird Group kembali mempertahankan prestasi Service Quality Award 2011, untuk kategori taxi services (Blue Bird) dan car rental services (Golden Bird), yang diselenggarakan oleh Center Customer for Satisfaction & Loyalty (Carre-CCSL) bekerja sama dengan majalah Service Excellence.

Penghargaan ini merupakan kemenangan untuk ke-empat kalinya, di mana sejak penghargaan ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 2008 lalu, dan secara berturut-turut Blue Bird Group selalu mendapatkan predikat terbaik. Acara penyerahan penghargaan sendiri berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta, oleh Yuliana Agung, CEO Carre-CCSL, kepada Heri Dasril, Vice President Operation Blue Bird Group, Rabu, 11 Mei 2011.

Service Quality Award ini diberikan berdasarkan survei Indonesian Service Satisfaction Index (ISSI) 2011 yang dilakukan di empat kota besar, yakni Jabodetabek, Surabaya, Semarang, dan Medan. Survei ini melibatkan kurang lebih 3.000 responden yang terdiri dari sample random dan booster. Dan pada tahun ini, Blue Bird Taxi berhasil meraih Golden Award dengan hasil index ISSI 2011 tertinggi sebesar 3,9789 dan Golden Bird Car Rental sebesar 3,8857.

Membangun Service Quality, seperti diungkapkan oleh Yuliana Agung, CEO Carre-CCSL, pada dasarnya membangun customer centric, yakni perusahaan yang berfokus pada pelanggan. Oleh karena itu yang diperlukan perusahaan adalah peletakan “totalitas strategi” yang bertujuan meningkatkan kepuasan dan loyalitas peanggan.

Terkait dengan hal tersebut Visi Blue Bird Group sejak pertama dibangun 39 tahun silam adalah, menjadi perusahaan yang mengutamakan kualitas sebagai nilai dasar untuk menjamin keberlanjutan usaha, demi tercapainya kesejahteran seluruh pemangku kepentingan perusahaan (stake holder).

Sedangkan Misi Blue Bird Group adalah memberikan kepuasan pada pelanggan, membangun serta mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar dalam setiap bidang usaha yang ditekuni.

Mempertahankan standar kualitas pelayanan prima secara berkelanjutan adalah kunci dari reputasi dan keberhasilan Blue Bird Group. Dengan motto layanan ANDAL, yang artinya Aman, Nyaman, Mudah dan Personalise, menjadikan Blue Bird Group partner terpercaya dalam transportasi.

Hal paling penting dalam memberikan layanan terletak pada unsur manusianya, terutama para frontliner, dimana di Blue Bird Group sebagian besar adalah pengemudi. Sebab, pengemudilah yang berhadapan langsung, memberikan pelayanan, dan berinteraksi dengan pelanggan.

Untuk menjadi seorang pengemudi Blue Bird Group yang profesional banyak tahapan yang harus dilalui, mulai dari proses rekrutmen, pelatihan, hingga evaluasi dan monitoring secara berkelanjutan untuk menjaga kualitas pelayanan.
Pengemudi Blue Bird Group, selain mendapatkan pelatihan-pelatihan bersifat teknis, mereka juga diberikan siraman rohani sehingga mereka paham betul apa tujuan mereka bekerja. Siraman rohani ini menjadi tuntunan moral, sesuai dengan landasan budaya perusahaan yakni kejujuran, kerja keras, disiplin, dan kekeluargaan sehingga diharapkan para pengemudi ini menjadi lebih faham serta mengerjakan pekerjaannya dengan baik. Sebab, apa saja yang mereka lakukan, khususnya dalam bekerja, dampaknya bukan saja di dunia ini saja, namun juga di akhirat.

Budaya pelayanan yang diterapkan Blue Bird Group menganut azaz “Servent Leadership”, yakni semakin tinggi jabatan seseorang di dalam perusahaan ini, maka akan semakin banyak orang yang wajib dilayani. Terkait dengan itu, Blue Bird Group memperlakukan pengemudi sebagai internal customer, yang harus dilayani sebaik mungkin oleh manajemen. Sebab, pada akhirnya para pengemudi ini juga akan memberikan layanan sebaik mungkin kepada external customer.

Layanan dari kelompok usaha Blue Bird Group kini dapat ditemui dan dinikmati di banyak kota besar antara lain Banten, JABODETABEK, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lombok, dan Manado, dan yang baru saja dibuka adalah Kota Medan.

Di usia yang ke 39 tahun, Blue Bird Group melayani lebih dari 8,5 juta pelanggan dalam sebulan di seantero Indonesia. Berbagai penghargaan dari beberapa lembaga diraih Blue Bird Group sebagai bukti pencapaian atas prestasi, baik kepada korporasi, kepemimpinan, dan para pengemudi serta karyawannya. Hingga saat ini Blue Bird Group telah menerima lebih dari 60 buah penghargaan.

Layanan Blue Bird Group melingkupi spektrum armada yang beragam mulai dari taksi regular, Blue Bird dan Pusaka; taksi eksekutif, Silver Bird; penyewaan kendaraan Golden Bird dan Pusaka Prima Transport; bis carter, Big Bird; hingga truk container, Iron Bird.

Selain bidang transportasi penumpang, Blue Bird Group mengembangkan usaha lain yang terkait, antara lain : Layanan Logistik, freight forwarding, Iron Bird Transport; Global Freight Management, Ocean Air; warehousing, dan Ritra Konnas Freight Center. Bidang industri, yakni karoseri bus, Restu Ibu Pusaka, dan karoseri mobil pemadam kebakaran, Ziegler Indonesia. Bidang properti, yakni Holiday Resort Lombok. Bidang supporting services, antara lain Hermis Consulting untuk layanan implementasi SAP dan IT security; layanan solusi e-payment, dijalankan oleh Pusaka Integritas Mandiri, serta Global Pusaka Solution yang khusus melayani bidang GPS tracking dan dispatching system.

Pada bidang transportasi darat, Blue Bird Group menyediakan layanan yang handal, dengan kualitas tinggi dan terpercaya, dengan memanfaatkan semua sumber daya seefisien mungkin. Dan, Kami mencapainya dalam satu tim kerja yang utuh.

NO COMMENTS

Leave a Reply