Greenpeace : Cara Mudah Go Green

21/12/2010 7:16 am0 commentsViews: 4

GO GREEN merupakan dua kata yang dewasa ini menjadi perhatian masyarakat dunia tak terkecuali Indonesia. Namun sebenarnya apa yang dimaksudnya? Menurut salah satu Anggota Greenpeace Indonesia, Go Green lebih diartikan sebagai pencegahan terhadap pemanasan global yang sedang menimpa bumi kita tercinta.

Greenpeace sendiri adalah sebagai sebuah organisasi global berskala Internasional yang peduli terhadap lingkungan yang telah mengkampanyekan kegiatannya di seluruh dunia. Bahkan intimidasi dan ancaman yang menimpa anggotanya saat melakukan kampanye kerap terjadi di berbagai daerah di dunia.

Arif Fiyanto, Climate & Energy Campaigner Greenpeace menjelaskan tentang Go Green yang harus dilakukan masyarakat. Menurutnya pengertian masyarakat tentang Go Green masih salah. “Hal itu bagus namun harus disesuaikan dengan konsep yang benar. Kalau salah langkah yang diambil pun akan salah, makanya harus dilakukan dengan langkah-langkah yang benar”, tambahnya.

Langkah-langkah yang sederhana adalah dengan mematikan komputer saat makan siang dan mematikan lampu jika tidak diperlukan. Jika kebutuhan listrik meningkat,maka pemerintah pun akan lebih banyak membangun pembangkit listrik baru seperti uap, itu juga akan menjadi salah satu pemicu pemanasan global.

Selanjutnya adalah Transportasi, disini masyarakat harus mengurangi menggunakan kendaraan pribadi dan beralih ke kendaraan umum. Hal itu juga harus didukung oleh pemerintah yang harus menyediakan sarana dan prasarana yang lebih baik bagi masyarakat.

Langkah lain mengurangi penggunaan kertas secara berlebihan. Jika kebutuhan kertas meningkat, penebangan hutan pun akan terus dilakukan, karena bahan kertas dari pohon yang ditebang dari hutan Kalimantan atau Papua.

“Gaya hidup Green disini harus dilakukan dengan langkah itu, jangan hanya memakai baju hijau, atau menanam pohon secara seremonial tanpa ada perawatan,” terang Arif. Karena penanaman pohon yang dilakukan tidak sebanding dengan penebangan hutan yang terjadi setiap hari. Saat ini Indonesia menjadi negara yang mengalami Deforestisasi tercepat di dunia. Pada tahun 2008 sekitar 1,9 juta hektar hutan habis per tahun. Atau 6 kali luas lapangan bola setiap harinya habis di gunduli, jika keadaannya seperti ini maka 20 tahun kemudian kita tidak memiliki hutan lagi. Terbayang apa yang akan terjadi pada negara yang kaya akan alamnya ini.

Sebagai upaya kampanyenya, Greenpeace melakukan sosialisasi kepada sekolah-sekolah di berbagai daerah, bagaimana cara menjaga lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global. Greenpeace juga memiliki ribuan Supporter yang tersebar di seluruh Indonesia. Dimana supporter itu mendukung semua kegiatan dan berjuang menjaga lingkungan dan alam Indonesia agar tidak menjadi rusak. Greenpeace juga mengajak kita untuk bergabung sebagai supporter sebagai upaya mendukung kegiatankegiatannya. (BIMO)

December 2010
S M T W T F S
« Nov   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031