Kandank Jurank Doank : Berkreativitas Bersama Alam

Kandank Jurank Doank : Berkreativitas Bersama Alam

1 85

Kandank Jurank Doank

Tapi tak semua orang paham bagaimana Dik Doank begitu ‘intim’ dengan Kandank Jurang. Kandank Jurank Doank tak lain adalah kawah candradimuka untuk membangun kreativitas anak–anak didiknya semenjak mereka lepas dari pangkuan ibunya.

Bagi mereka yang belum tahu seakan melihat seperti taman bermain untuk anak-anak, tapi yang benar adalah Sekolah Alam Kandank Jurank Doank. Lokasinya cukup jauh dari hiruk pikuk metropolitan, sekolah nonformal dengan metode outdoor milik Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang alias Dik Doank setiap harinya berlangsung.

Dik Doank adalah pendiri Kandank Jurank Doank (KJD). Awalnya KDJ adalah sebuah komunitas kreativitas berdiri tahun 1993, namun banyak yang menyebutnya sekolah alam. Cukup lama untuk sebuah sekolah gratis yang menerima murid dari segala kalangan. Jadwal belajarnya dari hari Senin sampai Jumat. Tes untuk masuk ke KJD dibuka setahun sekali, sama seperti sekolah umum. Menurut Dik Doank, siapa saja bisa ikut di sini, asalkan niat untuk belajar.

Anak didik yang belajar di KJD berasal dari berbagai kalangan, lebih diutamakan untuk anak didik yang kurang mampu. Sekolah ini memiliki keunikan tersendiri. Untuk masuk di sekolah alam ini, mereka tidak perlu mendaftar dengan segudang persyaratan dan iuran bulanan seperti di sekolah pada umumnya. Fasilitasnya pun didapat dengan gratis dan terbilang cukup lengkap, tak ada pungutan sepeser pun.

Terdapat panggung, studio, ruang multimedia, kolam ikan, arena bermain, dan lapangan untuk olah raga Tak ada kurikulum dan silabus, yang ada hanya bidang keterampilan yang bebas dipilih dan tekuni, Materi yang tak ada di sekolah umum ada di sana. Pengajarnya berbeda-beda, bisa siapa saja yang merelakan ilmunya dibagi pada peserta belajar. Para pengajar di sini adalah para relawan yang peduli dengan masalah pendidikan dan mempunyai niat untuk membangun anak Indonesia.

Sarana olah raga di KJD juga cukup lengkap. Mulai dari lapangan bola, lapangan basket, wall climbing, sampai dengan flying fox. Kegiatan ini biasanya ramai ketika akhir pekan. Banyak juga sekolah-sekolah dasar yang mengadakan outbond ke KJD. Mereka bisa belajar tentang alam, bagaimana mengelola sawah, berkebun, sampai dengan bermain perahu karet.

Kegigihan Dik Doank membangun sekolah alam dikagumi banyak orang. Sekolahnya di pinggiran Jakarta selalu dikunjungi pelajar di pusat kota. Mereka datang, selain untuk mengetahui dari dekat keberadaan Kandank Jurank Doank, juga memanfaatkan suasana alam sekitar juga untuk mengasah bakat dan kemampuan. Tidak jarang penyelenggara sekolah mengadakan outbond di sana. Mereka bisa bebas mandi lumpur di sawah, menanam padi, dan memandikan kerbau. Mereka juga bisa menggambar keindahan alam sekitar, mendengar dongeng, mengenali aneka satwa yang dipelihara di sekitar sekolah, dan mengikuti beragam permainan. Semuanya menyenangkan.

Selain tempat belajar dan bermain, juga terdapat museum Kandank Jurank Doank. Dimana tersimpan sejarah kehidupan Dik Doank dari masa kanak-kanak sampai saat ini. Kebanyakan isi museum adalah hasil kesenian dari Dik Doank, mulai dari lukisan, foto, sampai dengan barang-barang yang memiliki nilai sejarah penting untuknya.

”Sekolah Alam Kandank Jurank Doank adalah barisan anak-anak dan
orang-orang yang mau belajar, dan ingin mengubah Indonesia dengan ilmu. Dan kami hidup dengan ilmu itu. Karena banyak cinta di sini. Cinta yang membebaskan. Cinta yang tak mudah dibelokkan oleh kemiskinan dan kebodohan.” Jelas Dik Doank.

Kandank Jurank Doank merupakan berkah bagi dunia pendidikan di Kota Tangerang Selatan. Ia hadir untuk membangun dan mengajak orangorang untuk kembali dan mensyukuri kekayaan alam. Untuk mengenali diri sendiri, manusia harus bisa memahami alam sebagai bagian dari dirinya. Setelah mengenali diri sendiri, barulah manusia dapat mengenali Tuhannya.

Harapan Dik Doank dengan adanya KJD adalah ide, gagasan, kreatif dan imajinasi yang ada pada anak dapat digali lebih jauh, sehingga kreativitas mereka tersalurkan. Ia merasa bahagia apabila anak-anak di sini kreatif dan mau belajar. (DONY)

Kandank Jurank Doank
Alamat : Komplek ALVITA, Blok : Q, No. 14, Sawah Baru, Ciputat
Telf : 021 – 98564611 Fax : 021 – 74637856

1 COMMENT

Leave a Reply