JIFFest 2010 Minim Budget

JIFFest 2010 Minim Budget

0 21

Jakarta Internasional Film Festival tahun ini nampaknya tidak akan semegah tahun lalu. Hal ini disebabkan karena minimnya dana untuk event tahun ini. Pendiri Jiffest Shanty Harmayn mengatakan, pihaknya akan mengurangi jumlah film dan event-event yang ada, tapi jangan mengurangi kualitas yang kita berikan,” paparnya saat menggelar konfrensi pers “Save Our JIFFest” di TIM beberapa waktu lalu.

Menurutnya dukungan dari pemerintah bukan bertambah malah berkurang. “Biasanya pemerintah itu menyumbang hingga 30% dari total anggaran Jiffest. “Sumbangan tertinggi menurut Shanty adalah pada tahun 2005 lalu yaitu dari pemda, itu pun didapat dengan penuh perjuangan,” tambahnya.

Saat ini dana yang terkumpul untuk menyelengarakan pelaksaaan event itu baru sekitar Rp. 1 Miliar. Padahal untuk membuat event ini tiap tahunnya memerlukan budget sekitar Rp. 2 Miliar. Shanti juga menambahkan mencari dana dari pihak swasta pun tergolong sulit dan rumit. Berbagai pertimbangan seperti profit dan perpindahan venue membuat sponsor ragu mendukung Jiffest karena tidak efektif dalam menyokong brand mereka.

“Ya sebenarnya kesulitan kita adalah karena bioskop berpindah-pindah. Beda dengan konser musik karena bioskop kan punya kepentingan bisnis sendiri,” papar Shanty. (Bimo/MP)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply