Peepli Live, Ketika Nyawa Ditukar Uang

21/09/2010 10:32 am0 commentsViews: 7

Peepli Live adalah film India pertama yang berhasil masuk Sundance Film Festival. Produsernya Aamir Khan, yang sebelumnya berperan dalam 3 Idiots. Film yang menceritakan soal kemiskinan dan korupsi ini sangat mengena.

Cerita Peepli Live berbenang merah peraturan pemerintah India yang memberikan kompensasi uang kepada keluarga miskin yang anggota keluarganya bunuh diri.

Nah, peraturan ini menarik perhatian petani miskin Natha (Omkar Das Manikpuri) dan kakaknya, Budhia (Raghubir Yadav). Maklum, Natha benar-benar miskin. Rumahnya sangat sempit. Dihuni oleh 6 orang anggota keluarga.

Ada istrinya, Dhaniya (Shalini Vatsa) yang sering marah-marah, ketiga anaknya, dan tentu saja Budhia, kakaknya. Budhia lantas menyarankan agar Natha bunuh diri demi uang.

Lucunya, keinginan bunuh diri itu diungkapkan di sebuah warung dan tak sengaja didengar oleh jurnalis lokal bernama Rakesh (Nawazuddin Siddiqui) dan sampai pula di telinga presenter televisi Nandita Malik (Malaika Shenoy). Nandita dan krunya langsung menuju rumah Natha dan mewawancarainya.

Kontan, Natha menjadi televisi baru. Stasiun televisi saingan Nandita pun datang dengan jurnalis terbaiknya, lengkap dengan satu mobil untuk menyiarkan secara langsung kondisi Natha dan keluarganya. Begitu juga stasiun televisi lainnya.

Para jurnalis sampai membangun tenda di halaman rumah Natha. Mereka menyorot setiap gerak Natha dan tak mau kehilangan momen penting saat Natha bunuh diri. Tak hanya itu, para politikus yang akan dipilih juga tidak mau ketinggalan dengan memberikan berbagai hadiah kepada Natha. Tapi bagaimana dengan Natha sendiri, apakah ia jadi bunuh diri? Pertanyaan itu yang akan terjawab setelah Anda menonton film ini. (ardi)

Keinginan Natha bunuh diri jadi obrolan warga

Natha dan keluarganya yang hidup miskin.

September 2010
S M T W T F S
« Aug   Oct »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930