Meja Kerja Cerminan Pribadi Anda

03/09/2010 12:53 am0 commentsViews:

Banyak perusahaan yang cenderung flesibel dengan kondisi meja kerja karyawannya. Artinya, setiap karyawan bebas untuk melakukan personalisasi terhadap meja kerjanya. Tapi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan dengan hati-hati bagaimana meja kerja mendeskripsikan Anda.

  • Foto keluarga

Foto keluarga dan teman-teman mungkin item paling umum yang ada di meja kerja. Ini bisa sangat positif. Foto pernikahan, foto candid dengan pacar atau istri pada liburan membuktikan teman kantor bahwa Anda memiliki hubungan sosial yang sehat.

Demikian pula potret anak Anda, atau bahkan keluarga lain.  Ini menampilkan fakta bahwa Anda memiliki tanggung jawab lain di luar pekerjaan. Tapi ingat, jangan terlalu banyak menjual kehidupan pribadi Anda.

Terlalu banyak foto di meja, misalnya, akan membuat Anda tampak seperti lebih suka di rumah daripada bekerja. Pasang satu atau dua foto paling penting dan berarti saja bagi Anda.

  • Perlengkapan Olahraga

Kalau Anda memang fans berat Persebaya, tidak perlu juga memasang segala perlengkapan klub bola itu di meja kerja Anda. Apalagi, jika fakta bahwa sebagian besar rekan sekantor adalah seorang Jakmania. Berdiskusi soal bola boleh, tapi, ada baiknya untuk meninggalkan fanatisme berlebihan terhadap satu klub yang nantinya malah akan membuat kesulitan karir Anda.

  • Bahan bacaan

Apakah Anda bisa membaca di meja kerja (saat makan siang atau sebaliknya)? Kalau kebijakan kantor membolehkan iut, pilihlah koran atau tabloid. Ini menegaskan bahwa Anda adalah orang yang sangat update dengan inforamsi.

Ingat, jangan pernah meninggalkan novel terbaru Dan Brown “berbaring” di meja Anda dalam waktu lama. Karena ini akan memberi kesan bahwa Anda tidak memiliki cukup banyak pekerjaan yang harus dilakukan atau bahwa Anda lari dari tanggung jawab kerjaan.

  • Kebersihan

Bos Anda mungkin suka suka melihat Anda sibuk saat bekerja. Tapi, dia lebih suka melihat meja kerja Anda bersih, terutama saat Anda sedang cuti atau berada di luar kantor. Kuncinya adalah bersih, teratur, dan rapi.

Misalnya, Anda taruh kertas post it, bolpen, atau CD-R kosong di samping PC dengan rapi. Suatu saat ketika bos Anda butuh CD-R, ia tidak harus membelinya di luar kantor, tapi cukup mampir ke meja Anda. Anda yang mendapat keuntungan. (ardi)

September 2010
S M T W T F S
« Aug   Oct »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930