Yayasan HOPE Indonesia : Peduli Penerus Bangsa

25/08/2010 2:47 am0 commentsViews: 146

Dalam keseharian sering kita melihat anak-anak menjadi korban ketidak pedulian kita sebagai orang tua atau kita sebagai orang mampu. Mulai dari masalah hak mendapat pendidikan, bermain, berkreasi, berpendapat atau lainnya. Bahkan eksploitasi anak meningkat pertumbuhannya di kota-kota besar. Hal ini sematamata hanya masalah ekonomi.

Selain anak menjadi keprihatinan, kesehatan ibu hamil juga menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan. Dari sang ibulah terlahir generasi penerus bangsa. Sampai saat ini masih banyak ibu hamil yang mengalami masalah gizi kurang seperti Kurang Energi Kronis (KEK) dan Anemia gizi. Hasil SKRT 1995 menunjukkan bahwa 41% ibu hamil menderita KEK dan 51% yang menderita anemia mempunyai kecenderungan melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah.

Melihat hal ini HOPE worldwide Indonesia peduli dan mengambil sikap dengan membawa harapan bagi mereka yang kurang beruntung agar masa depan mereka menjadi lebih baik. Bukan hanya masalah itu saja, masalah kemiskinan dan kesehatan yang menyebabkan berbagai dampak juga menjadi perhatian. HOPE worldwide Indonesia adalah sebuah organisasi non pemerintah yang tidak mengutamakan suatu aliran tertentu terdaftar dengan USAID, dan di Indonesia terdaftar di Departemen Sosial sebagai Yayasan Hope Indonesia.

Berjalan tahun 1994 berfokus di bidang kesehatan dan pendidikan , pelaksanaannya dibantu oleh 100,000 tenaga sukarelawan yang tersebar di 100 negara. Organisasi yang mempunyai visi membawa harapan bagi sebuah dunia yang menderita diimbangi dengan pelaksanaan misinya menyediakan program-program kesehatan dan pendidikan yang berkelanjutan, meningkatkan kapasitas oleh para staf dan relawan untuk memberdayakan anak-anak dan kaum lemah lainnya (melalui pendekatan masyarakat/kaum bawah).

Berbagai kegiatan sosial dilakukan untuk mendukung terlaksanannya misi dan visi HOPE worldwide Indonesia. Ada tiga rangkaian kegiatan dalam hal ini. Pertama Coin for Hope merupakan penggalangan dana sosial dari anak untuk anak secara sukarela. Coin for HOPE merangsang siswa sekolah belajar tentang tabungan, peduli dan memberi, dimana mereka langsung dapat terlibat dalam mengubah hidup serta membantu sesama.

Kegiatan kedua adalah walk a thon ANZ yang diikuti lebih dari 5.000 orang yang dilaksanakan Minggu (1/8) pagi di kawasan Monas. Acara ini bertujuan untuk menggalang dana untuk tahun ini hingga Rp 1,5 miliar, melalui penjualan karcis serta sumbangan. “Sesuai dengan komitmen ANZ yang konsisten dalam meningkatkan akses pendidikan dan kesempatan bekerja bagi masyarakat di tempat kami berbisnis, pengumpulan dana yang diperoleh dari gerak jalan ini akan memberikan kesempatan pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu,” ujar CEO ANZ Indonesia, Joseph Abraham, di lokasi acara.

Sementara itu Country Director, HOPE worldwide Indonesia, Charles Ham mengatakan, bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas komitmen ANZ. Dana yang dikumpulkan serta komitmennya untuk volunteering menunjukkan keseriusan ANZ terhadap peningkatan pendidikan dan membangun kesempatan kerja.

Rangkaian kegiatan  berikutnya adalah menggelar malam dana yang bertajuk “Miracle in hope”. Acara fashion show bekerja sama dengan beberapa desainer kondang tanah air diantaranya Sofie, Lenny Agustine dan Jeany Ang berlangsung di IndoChine restaurant (6/8) Jakarta. Beberapa rancangan ketiga desainer ini di lelang dan dana yang di peroleh akan di sumbangkan untuk mendukung program kesehatan ibu dan anak. Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan grup vocal warna, yang menghibur undangan di sela-sela rehat acara lelang. Selain itu HOPE worldwide Indonesia juga didukung IndoChine dengan menyumbangkan 100 juta rupiah.Semua hasil dana yang didapat dari semua rangkaian acara ini akan di sumbangkan untuk perbaikan kualitas anak dan para ibu Indonesia serta mengentas kemiskinan.

Saat ini Hope telah melakukan banyak sekali kegiatan-kegiatan sosial  yang telah memberikan harapan baru dan merubah banyak kehidupan anak-anak yang berkekurangan, diantaranya melalui Panti Asuhan Pelangi Kasih, Saturday Academy, Computer Training Center, Klinik  TBC, Kesehatan Ibu dan Anak, Community Development, dan banyak lagi. Program ini, memang diadakan untuk menunjang kehidupan  mereka di masa depan, sehingga bisa mandiri dan menghidupi keluarga dan mereka sendiri. Dengan bantuan perusahaanperusahaa yang peduli terhadap kegiatan social sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan di sekitarnya, maka akan lahir generasi baru yang sehat dan kuat bagi masa depan yang lebih baik. (Dony)

Yayasan Hope
Gedung Putera lt.7 Jl.Gunung Sahari 39 Jakarta Pusat 10720 www.hopeindonesia.org
E-mail        : info@hopeindonesia.org
Telephone  : 62-21 600 9091
Fax           : 62-21 601 0570

August 2010
S M T W T F S
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031