Menghindari Kerugian Bisnis dengan Feng Shui

Menghindari Kerugian Bisnis dengan Feng Shui

0 46

Memang biasanya akan ada biaya konsultasi yang keluar, namun itu tidak sebanding dengan kerugian yang bakal ditanggung apabila pemilik usaha salah dalam menerapkan feng shui di tempat usahanya. Suhana Lim berbagi saran dan tips menerapkan feng shui yang tepat untuk usaha Anda agar Anda terhindar dari kerugian.

Pertanyaan:
Mohon bantuannya, Pak Lim. Saya ingin membuka toko di mall. Toko yang ditawarkan menghadap ke utara, sedangkan untuk feng shui  saya sangat disarankan agar toko tidak menghadap ke utara karena tidak baik. Menurut buku yang saya baca, utara adalah arah ‘’total lost’’, tetapi dari segi logika tempat sudah baik. Apakah ada cara untuk mengatasi ini? Mungkin dengan arah pintu yang diubah tidak langsung di muka toko? Bentuk toko ini besar di muka dan mengecil di belakang, apa ada solusi untuk ini juga? Terima kasih banyak. Nicholas Bong (nama samaran) di Pontianak, via e-mail.

Jawaban:
Hai, Nicholas. Kalau menurut logika Anda tokonya sudah baik, kenapa tidak diteruskan? Idealnya memang mencari tempat bisnis itu arah hadapnya sesuai dengan keinginan kita. Tetapi sebaiknya kita tidak mengabaikan prinsip-prinsip feng shui. Dalam kasus seperti itu, tidak bijak kalau kita tetap ngotot menyewa toko tersebut. Untuk lokasi dan tempat bisnis, arah hadap yang cocok bukanlah yang paling  menentukan. Kaidah-kaidah feng shui yang dipakai buat lokasi dan tempat usaha berbeda dengan untuk tempat tinggal. Secara umum toko yang bagian depannya lebih lebar dibandingkan bagian belakang adalah kurang favorable.Tetapi untuk menyimpulkan bakal toko Anda itu sudah feng shui friendly atau tidak, saya perlu menganalisisnya lebih banyak. Jadi harap maklum.

Tampaknya Anda hanya ‘’berkonsultasi’’ via buku. Maaf, tanpa bermaksud menggurui, sangatlah riskan kalau hanya melakukan ‘’analisis’’ feng shui berdasarkan informasi dari buku semata karena biasanya info yang diberikan itu sifatnya generik dan tidak detail. Kalau Anda memang perlu masukan analisis feng shui buat investasi bisnis/toko, carilah praktisi yang qualified. Inilebih bijak dan baik ketimbang mau cara ‘’murah meriah’’ dengan mencari jawaban di buku atau sumber lainnya. Jika kebetulan Anda hoki dan jawaban yang didapat (dari buku) itu tepat, tidak masalah. Tetapi jika sebaliknya, akan sangat riskan buat bisnis Anda.

Investasi yang dikeluarkan untuk berkonsultasi sebelum memulai bisnis tidak ada artinya dibandingkan dengan kerugian yang mungkin akan dialami karena mengabaikan peran dan dukungan faktor bumi (feng shui) dalam bisnis. Sudah terlalu sering saya diminta tolong oleh individu/perusahaan yang sudah mengalami masalah baru mau mengaplikasikan feng shui. Sangat disayangkan kalau baru mengaplikasikan setelah ‘’babak belur’’, baru memaksimalkan dukungan faktor bumi (feng shui) through the hard way! Kalau dari awal sudah mengaplikasikan feng shui maka kerugian ribuan sampai ratusan ribu dollar pasti dapat dihindari atau, paling tidak, diminimalkan.

Feng shui yang benar berkaitan dengan logika, bukan berkaitan dengan urusan agama atau klenik. Jadi harus juga memerhatikan faktor modal, kemampuan dan pengalaman mengelola bisnis, dan sikon makroekonomi. Semua tadi harus ikut diperhatikan. Semoga komentar saya dapat bermanfaat dan membantu Anda.

Untuk mengikuti tulisan terbaru tentang feng shui, silakan ke :
www.suhanalimfengshui.com atau Anda bisa membacanya di:
http://www.facebook.com/pages/Suhana-Lim-Feng-Shui-Consulting/82830382920?ref=ts

NO COMMENTS

Leave a Reply